Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru

Toward World Class University

`

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para calon peserta seleksi Pascasarjana dan Profesi semester genap tahun 2021

 

P : Bagaimana cara calon peserta mendaftar untuk mengikuti seleksi Pascasarjana?

J : Calon peserta dapat mendaftar secara online melalui website KLIK DISINI dengan melakukan registrasi pendaftaran email. Setelah email sudah terdaftar dan terverifikasi, calon peserta dapat memilih jenjang dan waktu ujian

P : Ada 2 pilihan pendaftaran dengan Jalur Tulis dan Non Tulis, apa beda nya ?

J: jika calon peserta sudah mempunyai nilai TPA Bappenas dan TOEFL,  termasuk lulusan terbaik Unair dan memiliki portofolio serta sudah memenuhi kriteria sesuai dengan prodi yang dipilih, maka tidak perlu mengikuti ujian tulis yang di selenggarakan oleh Universitas Airlangga dan hanya mengikuti sesi wawancara saja. Sedangkan jika tidak memiliki persyaratan tersebut maka calon peserta dapat memilih jalur Tulis dengan mengikuti seluruh seleksi yang ada di Universitas Airlangga 

P : Saya lulusan tahun 2021, bagaimana jika ijazah saya belum keluar?

J : Untuk lulusan tahun 2021 bisa menggunakan SKL ( Surat Keterangan Lulus ) dari universitas masing masing dan harus ada stempelnya resmi universitas

P : Jika sudah memiliki akun dan memilih jenjang dan jadwal ujian, apa langkah selanjutnya ?

J : Calon peserta dapat mengisi semua biodata dan melakukan upload berkas yang disyaratkan oleh prodi. Jika sudah selesai upload berkas, dapat di tunggu untuk proses antrian verifikasinya untuk mendapatkan kode voucher

P : Bagaimana cara mendapatkan kode voucher ?

J : Kode voucher didapatkan jika berkas yang di upload sudah valid semua. Kode voucher dapat dilihat di login pendaftaran masing masing peserta

P : Bagaimana cara membayarkan pendaftaran ujiannya?

J : Calon peserta dapat melakukan pembayaran berdasarkan kode voucher yang ada di akun pendaftaran ke teller bank yang telah bekerjasama dengan Universitas Airlangga

P : Bagaimana mendapatkan kartu perserta ujian?

J : Kartu peserta ujian bisa di dapatkan jika calon peserta sudah melakukan pembayaran biaya registrasi dan kartu peserta bisa di download di akun peserta masing-masing

P : Di mana melihat informasi pembagian jadwal ujian?

J : Untuk pembagian jadwal ujian paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan ujian di website ppmb.unair.ac.id

P : Bagaimana pelaksanaan ujian Pascasarjana di semester gasal dilakukan?

J : Untuk pelaksanaan ujian TPA, Bahasa Inggris  dan wawancara Program Pascasarjana  di lakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom. Untuk jadwal wawancara dan tes bidang ilmu spesialis dilakukan di Program studi masing masing.

P : Saat kondisi pandemi seperti ini, apa saja protokol kesehatan yang harus dipenuhi oleh peserta ujian?

J : Setiap peserta harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan sering melakukan cuci tangan

P : Protokol kesehatan apa saja yang disediakan oleh panitia?

J : Panitia menyiapkan sarung tangan sebelum memasuki ruang ujian

P : Apakah peserta ujian harus menyiapkan peralatan tulis untuk ujian?

J : Ya, semua peserta harus menyiapkan peralatan tulis sendiri, namun jika peserta tidak membawa, panitia penyelenggara juga telah menyediakan

P : Setelah mengikuti ujian, dimanakah peserta dapat mengetahui pengumuman kelulusan ujian?

J : Pengumuman kelulusan ujian nanti akan di publish website PPMB

Copyrights © 2018 DSI-UNAIR. All rights reserved.