Selayang Pandang

Program S3 Ilmu Ekonomi Islam (S3EKIS) merupakan kelanjutan dari Program Magister Sains Ekonomi Islam (MSEI). Kebutuhan sumber daya manusia di bidang ekonomi Islam kian diperlukan seiring dengan terus bertumbuhnya kegiatan ekonomi dewasa ini. Bagaimanapun, masyarakat berkecenderungan untuk berlaku adil, benar, dan jujur dalam melakukan kegiatan ekonomi dan menjauhi sikap zalim, curang, dan rakus. Ini semua sejalan dengan ekonomi Islam.

S3 EKIS berupaya memberikan kajian-kajian yang dalam dan mendetil kepada para mahasiswa dalam bidang ekonomi Islam sebagai bekal dalam menghadapi problematika ekonomi di masyarakat.

Program Doktor “Ilmu Ekonomi Islam” telah dibuka berdasarkan Surat Keputusan Rektor No.4311/JO3/05/2008 tentang Pembukaan Program Studi di Lingkungan Universitas Airlangga tertanggal 10 Maret 2008. Program Studi ini berfokus pada pengembangan Ilmu Ekonomi Islam baik secara normatif maupun secara positif dalam praktek keseharian untuk membangun masyarakat madhani yang sejahtera, adil dan makmur dengan ridho Allah SWT.

Pada dasarnya pendidikan adalah merupakan kunci utama kebangkitan/keberhasilan suatu bangsa. Pendidikan yang sebagian besar dimanifestasikan dalam bentuk baca tulis telah merubah tingkat kemajuan dan kualitas Sumber Daya Insani dari berbagai bangsa di Dunia.

Visi

Menjadi Program Doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Program Pascasarjana Universitas Airlangga yang handal dan unggul serta mandiri, kreatif, inovatif baik di tingkat Nasional, Regional maupun Internasional dalam mengemban dakwah memajukan Ilmu Ekonomi Islam secara normatif dan positif untuk mewujudkan masyarakat madani di Indonesia khususnya dan di Dunia pada umumnya berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi Islam secara kafah/totalitas baik untuk pengembangan Ilmu Ekonomi Islam secara normatif maupun praktis dengan sistim pendidikan jalur akademis dan profesionalis menggunakan cara/metode sintesis antara “Inter University Program” dengan “International Brotherhood Program” baik untuk tingkat Nasional maupun Antar Negara, sehingga akan diperoleh lulusan Doktor Ilmu Ekonomi Islam yang berakhlaqul kharimah.