Selayang Pandang

Perubahan yang dinamis dalam lingkungan global membawa konsekuensi terjadinya perubahan yang kompleks pada berbagai aspek kehidupan. Sebagai salah satu institusi pendidikan, Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga tidak dapat melepaskan diri dari tututan perubahan tersebut. Oleh karenanya, peranan proses pendidikan merupakan kunci utama untuk menciptakan proses perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement). Sehingga, hal tersebut memberikan konsekuensi logis terhadap komitmen dalam menyelenggarakan proses pendidikan yang berkelanjutan. Berdasarkan latar belakang di atas, dan dilandasi rasa tanggung jawab untuk ikut berperanserta dalam memajukan pendidikan akuntansi di Indonesia, maka Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi (S3) Departemen Akuntansi Universitas Airlangga menetapkan visi dan misinya sebagai pilar dasar dan pijakan utama dalam pengembangan di masa yang akan datang.

Visi

Menjadi program pendidikan doktor ilmu akuntansi yang memiliki reputasi internasional dan menghasilkan lulusan yang memiliki pemikiran dan kemampuan solusi inovatif berstandar internasional serta memiliki integritas tinggi di bidang ilmu akuntansi dan bisnis pada tahun 2020.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan S3 ilmu akuntansi yang berkualitas tinggi; Mendorong dan melakukan penelitian akuntansi yang bernilai tambah dan memberikan kontribusi yang signifikan pada perkembangan ilmu akuntansi dan praktik bisnis di Indonesia maupun di kancah internasional; serta Memberikan pengabdian berupa sumbangan pemikiran dan solusi terbaik di bidang akuntansi dan bisnis kepada masyarakat di Indonesia maupun internasional.

Tujuan

  1. Peningkatan citra Universitas Airlangga sebagai institusi pendidikan bermutu yang diperhitungkan di Indonesia maupun internasional;
  2. Proses pendidikan yang inovatif, efisien, dan efektif dengan kurikulum yang adaptif seiring perkembangan ilmu akuntansi, bisnis, dan teknologi;
  3. Peningkatan kapasitas human capital yang mampu menghasilkan ragam penelitian di bidang akuntansi dan bisnis yang diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional.