Selayang Pandang

Program Magister Kajian Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga adalah program akademik unggulan yang berdiri pada tahun 2010. Berdasarkan Surat Keputusan DIKTI Nomor 08/H3/KR/2010 tertanggal 4 Januari 2010. Program Studi Magister Kajian Sastra dan Budaya (KSB) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga resmi ditunjuk sebagai Program Pascasarjana yang direkomendasikan DIKTI dalam penyelenggaraan program Beasiswa Pendidikan Indonesia Dalam Negeri (BPI-DN) untuk calon dosen. Ide dasar pendirian program studi adalah adanya kesadaran pada dinamika persoalan sastra dan budaya di Indonesia yang  mwnunjukkan perubahan dan perkembangan sangat pesat. Implikasinya, dibutuhkan dan pendekatan yang bukan hanya mengandalkan teori klasik dan  modern, melainkan juga pasca modern.  Pendekatan interdisipliner, terutama dalam kajian budaya  (cultur studies), pun semakin dibutuhkan. Karakter interdisipliner dalam kajian budaya mensyarakan kedalaman penguasaan aspek metodologis dalam perpaduan antar disiplin ilmu meliputi sastra, sosiologi, ekonomi politik, media, bahkan psikologi. Program Magister Kajian Sastra dan Budaya merupakan institusi yang berikhtiar pada kajian-kajian lintas disiplin tersebut dengan tetap mengedepankan aspek kedalam metodologis sebagai basisnya.

Visi

Menjadi pusat studi terkemuka dalam kajian sastra dan budaya, yang dikembangkan dalam konteks kajian kebudayaan di Jawa Timur berdasarkan kepakaran lintas disiplin dalam taraf  nasional maupun internasional.

Misi

  1. Memberikan pelayanan akademik dan keilmuan untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian di bidang ilmu sastra dan budaya yang berperspektif lintas disiplin.
  2. Mengembangkan peserta didik untuk memiliki kecakapan intelektual, integritas kepribadian, dan keahlian yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengembangkankajian ilmu sastra dan budaya yang memiliki kekhasan dan keunikan sehingga menghasilkan pakar dalam kajian ini.
  4. Mengembangkan atmosfer akademik, baik pengajaran maupun penelitian dalam bidang ilmu sastra dan budaya untuk menghasilkan gagasan inovatif dan akademis tentang kesusasteraan dan kebudayaan, utamanya pada wilayah urban dan sub-urban.