Selayang Pandang

Sejak Tahun 2005, Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi sebanyak 2 (dua) kali, yaitu:

  1. Sertifikat Akreditasi No. 00610/Ak-IV/S2-013/UABMMJ/XII/2015, tertanggal 27 Desember 2005, yang menyatakan bahwa Program MM-FEB Unair Surabaya terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A dan berlaku 5 (lima) tahun sejak tangggal 27 Desember 2005 sampai dengan 27 Desember 2010.
  2. Sertifikat Akreditasi No. 015/BAN-PT/Ak-IX/S2/IX/2011, tertanggal 16 September 2011, yang menyatakan bahwa Program MM-FEB Unair Surabaya terakreditasi dengan peringkat “Akreditasi A” dan berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 16 September 2011 sampai dengan 16 September 2016.

Visi

Menjadi sekolah bisnis bertaraf internasional yang unggul dan terkemuka di kawasan Asia serta memiliki komitmen terhadap kualitas untuk menghasilkan pemimpin yang bermartabat dan berintegritas tinggi.

Misi

  1. Untuk mendidik para profesional agar memiliki kemampuan teoritis yang mumpuni dan kemampuan akademis yang memadai.
  2. Untuk mendidik para profesional agar memiliki kemampuan manajerial yang inovatif, jiwa kepemimpinan, dan pengalaman bisnis.
  3. Untuk memperbaiki kualitas kemampuan manajerial para manajer profesional di dalam menghadapi perubahan dan tantangan dalam dunia bisnis saat ini.

Tujuan

Tujuan pembelajaran dalam Program Magister Manajemen Universitas Airlangga dikelompokkan dalam 3 komponen, yaitu:Knowledge Business skill, dan Attitude.

  1. Knowledge merupakan penguasaan teori dan keterampilan oleh mahasiswa di bidang manajemen dan bisnis secara umum dan secara spesifik dalam bidang penggunaan data kualitatif dan kuantitatif untuk keperluan bisnis serta kontribusi manajemen dan bisnis dalam masyarakat. Secara spesifik, learning goals pada domain knowledge terdiri atas:
    • Teori dan Praktek Manajemen.
    • Metode kualitatif dan kuantitatif yang relevan untuk studi manajemen.
    • Penggunaan data, baik kualitatif maupun kuantitatif yang relevan untuk praktek bisnis.
    • Relevansi antara kajian bisnis dan manajemen, terhadap masyarakat
    • Pengetahuan dasar untuk pembentukan watak.
  2. Business Skills merupakan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang manajemen dan bisnis serta teknologi informasi untuk mengambil keputusan, mengelola perubahan dalam organisasi, melakukan penelitian bisnis, dan mengembangkan bisnis. Secara spesifik, learning goals pada domain business skills terdiri atas:
    • Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman yang relevan tentang aspek internal dan eksternal organisasi
    • Mampu mengelola perubahan dan kompleksitas dalam organisasi
    • Mampu melakukan penelitian yang berkaitan dengan isu-isu bisnis dan manajemen secara individu maupun berkelompok
    • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka mengaplikasikan bidang keahliannya
    • Mampu mengambil keputusan dengan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif yang sesuai yang meliputi pengidentifikasian, performulasian dan pemecahan masalah bisnis
    • Mampu merancang perencanaan pengembangan bisnis
  3. Attitude merupakan sensitifitas mahasiswa terhadap aspek-aspek di sekitarnya, baik dalam lingkungan bisnis maupun masyarakat, yang dikembangkan selama proses pembelajaran, dalam hal berinovasi, berkomunikasi, beradaptasi,tanggung jawab, bekerja sama dengan berbagai kalangan, etika, dan kepemimpinan. Secara spesifik, learning goals pada domain attitude terdiri atas:
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
    • Mampu berkomunikasi secara persuasif, baik lisan maupun tertulis, dengan menggunakan media komunikasi dalam bisnis
    • Mampu beradaptasi sesuai dengan kompleksitas perubahan lingkungan bisnis
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dengan mempertimbangkan risiko bisnis
    • Mampu bekerjasama dalam kelompok dengan latar belakang yang berbeda
    • Mampu bertanggungjawab atas keputusan yang diambil dengan menjunjung tinggi integritas dan nilai-nilai etika bisnis.
    • Mampu mengelola tim melalui ketrampilan kepemimpinan, persuasi, dan pengelolaan pekerjaan.

Capaian / Hasil Program

Capaian / Hasil Program dari MM Unair adalah Shaping Innovative Leader di mana lulusan MM Unair:
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan manajerial untuk mengelola kesempatan bisnis hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan bisnis sehingga dapat meningkatkan daya guna organisasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu mengelola penelitian bisnis dalam rangka peningkatan kualitas manajerial dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis dan memberikan manfaat bagi masyarakat di level nasional maupun internasional.