Selayang Pandang

Magister Kenotariatan, Universitas Airlangga, Fakultas Hukum ini dirancang untuk memenuhi tantangan publik untuk notaris kompeten. Ini adalah bagian dari Program Pascasarjana yang diarahkan khusus untuk memberikan pemahaman dan wawasan tentang hubungan antara aspek akademik dan kompetensi di bidang notaris. Selain itu, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teoritis yang kuat tentang masalah yang relevan dengan topik ini tetapi juga untuk membantu siswa dalam memperoleh keterampilan praktis yang dapat diandalkan dalam aplikasi pengetahuan teori mereka.
Masa studi untuk program ini ditetapkan pada 4 (empat) semester, namun, siswa dapat memperpanjang periode penelitian selama 6 (enam) semester untuk berbagai alasan. Para siswa dari Master program Notaris di Universitas Airlangga Fakultas Hukum harus mendapatkan 46 Sistem Kredit Semester (SKS). Kursus ini akan mengambil bentuk kuliah dan pelatihan. Selain itu, siswa harus menyelesaikan tesis master mereka yang harus diikuti dengan ujian lisan.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Kenotariatan yang mandiri, inovatif, terkemuka dan adaptif di kawasan regional (Asia), pelopor pendidikan hukum yang brorientasi sebagai yuris, serta memiliki kompetensi hukum dan moralitas tinggi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menghasilkan yuris profesional dengan kompetensi dan moralitas tinggi
  2. Mengembangkan penelitian hukum yang mendukung pendidikan hukum dan pengabdian pada masyarakat
  3. Menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada mutu dan kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi khusus sebagai profesional hukum;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik untuk pendidikan lanjut;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas pelayanan profesi hukum

Profil Lulusan

  • Profesional
    Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan akan dapat menjadi yuris profesional khususnya Notaris, yang berdaya saing tinggi sesuai dengan kompetensi bidang keilmuannya.
  • Inovatif
    Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan mampu mengembangkan pengetahuan di bidang kenotariatan dengan menghasilkan karya-karya yang aktual dan terkini sesuai dengan keahlian yang dimilikinya
  • Solutif
    Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan mampu memberi solusi (pemecahan masalah ) atas isu-isu hukum yang aktual dan terkini di masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan mahasiswa lulusan untuk memformulasikan akta notariil atau dokumen hukum sesuai keinginan pengguna jasa dengan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Adaptif
    Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan mampu mengembangkan ilmu kenotariatan sesuai dengan perkembangan jaman yang maju dan pesat
  • Moralitas
    Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan mampu mendidikasikan keahliannya di masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan dan moral.