Selayang Pandang

Berpangkal tolak pada visi, misi dan tujuan Program Studi Magister Ilmu Hukum memiliki Minat Studi Hukum Bisnis, Hukum Pemerintahan, Peradilan, dan Hukum Internasional Fakultas Hukum Unair, maka diharapkan antara dosen, karyawan dan mahasiswa memiliki rasa kerjasama disertai dengan tanggungjawab dan ikut memiliki agar program studi ini bisa menjadi salah satu program yang patut perhitungkan dalam pembangunan hukum nasional di Indonesia. Sejalan dengan visi, misi dan tujuan Program Studi Magister Ilmu Hukum, kurikulum pada Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga ditujukan untuk dapat menghasilkan lulusan S-2 yang profesional untuk menghadapi tantangan kemajuan jaman dan globalisasi.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Hukum yang mandiri, inovatif, terkemuka dan adaptif, pelopor pendidikan hukum yang berorientasi sebagai yuris, serta memiliki kompetensi hukum dan moralitas tinggi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menghasilkan lulusan sebagai yuris yang memiliki kompetensi hukum yang berorientasi pada mutu serta daya saing nasional maupun internasional;
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif untuk menunjang pendidikan hukum;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan kerjasama yang berorientasi pada mutu serta daya saing nasional maupun

Tujuan

Tujuan Umum , Menghasilkan Magister Hukum yang:

  1. Memiliki kompetensi khusus sebagai profesional hukum;
  2. Mampu meningkatkan kemampuan akademik untuk pendidikan lanjut ;
  3. Mampu meningkatkan kualitas pelayanan profesi hukum.
  4. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menghasilkan lulusan (Magister Hukum) sebagai yuris yang memiliki kompetensi hukum dan moralitas yang tinggi serta berperan dalam pengembangan hukum yang sesuai dengan tuntutan kepentingan nasional dan internasional.

Tujuan Institusional Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut :

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi;
  2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, maupun  masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlian hukumnya.

Tujuan Kurikuler Program Studi Magister Ilmu Hukum adalah menghasilkan yuris yang memiliki:

  1. Wawasan lintas bidang hukum;
  2. Kemampuan untuk berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmu hukum;
  3. Kemampuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan profesi hukum

Profil Lulusan

  • Profesional
    lulusan Prodi Magister Ilmu Hukum mampu mengimplementasikan teori - teori hukum (knowledge & skill) dalam praktek pekerjaannya.
  • Inovatif
    lulusan Prodi Magister Ilmu Hukum selalu mengembangkan pengetahuan dengan melaksanakan penelitian
  • Adaptif
    Lulusan Prodi Magister Ilmu Hukum mampu menyesuaikan dan mengikuti perkembangan ilmu di bidang hukum
  • Mandiri
    Lulusan Prodi Magister Ilmu Hukum mampu memecahkan permasalahan hukum secara individu