Selayang Pandang

Program Studi Magister Media dan Komunikasi pertama kali diselenggarakan pada bulan Juli 2002 bernama Minat Studi Media dan Komunikasi dan berada di bawah Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial.  Berdirinya Program Minat Studi Media dan Komunikasi atas inisiatif beberapa dosen yakni Prof. Soetandyo Wignjosoebroto, Prof. Ramlan Surbakti, Prof. L. Dyson yang ketika itu menjadi Ketua Program S2 IIS, Prof. Hotman Siahaan—yang ketika itu menjadi Ketua Program S3 IIS dan Dekan FISIP, Dr. Daniel Sparingga, dan Drs. Henri Subiakto, SH, MA.
Perubahan Universitas Airlangga menjadi lembaga BHMN, menyebabkan perubahan struktural program pasca sarjana dan dikembalikan pengelolaannya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sehingga sejak tahun 2007, Minat Studi Media dan Komunikasi berada di bawah Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Dalam perkembangannya, dengan meningkatnya jumlah mahasiswa maka pada tahun 2009 terjadi peningkatan status menjadi Program Studi Magister Media Komunikasi. Dengan status ini program dikembangkan menjadi dua bidang peminatan yakni bidang Studi Media dan Komunikasi Profesional atau Manajemen Komunikasi.

Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Komunikasi dan Studi Media yang unggul, kompetitif, kreatif, dan terdepan dengan standar Internasional mengiringi perkembangan Ilmu Komunikasi, Studi Media, dan Industri Komunikasi Massa terkini berdasarkan moralitas.

Misi

  1. Mewujudkan Program Studi Magister Media dan Komunikasi sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan Studi Media dan Ilmu Komunikasi yang unggul dengan berdasarkan moralitas.
  2. Mendidik mahasiswa agar mampu menganalisis, membuat formulasi yang inovatif, kreatif, bersikap terbuka, kritis dan mampu mengelaborasi fenomena komunikasi dan studi media dan mampu memberikan alternatif bagi penyelesaian masalah-masalah komunikasi yang ada di masyarakat.