Selayang Pandang

Program studi Magister Kebijakan Publik (MKP) FISIP Universitas Airlangga didirikan pada tahun 2008 berdasarkan SK Rektor tentang Pembentukan Program Magister Kebijakan Publik No. 4311/J03/OT/2008. Pendirian program studi MKP mengingat kebutuhan dari lingkungan (pasar), khususnya birokrasi (pusat dan daerah) akan para analis kebijakan publik, administrator dan manajer publik, manajer riset sektor publik yang ahli dalam mengelola proses kebijakan dan pelayanan publik.

Saat ini, program studi S2 MKP telah meraih akreditasi program studi dengan predikat A dari BAN-PT, berdasarkan SK Akreditasi No 2296/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2017 dan masa berlaku akreditasi hingga 11 Juli 2022.

Dalam usianya yang relatif masih muda, Magister Kebijakan Publik FISIP Unair merupakan satu-satunya program studi magister di Indonesia yang secara khusus mendedikasikan dirinya dalam menghasilkan ahli kebijakan publik yang kompeten memfasilitasi proses pemecahan masalah-masalah publik secara demokratis. Hal ini cukup strategis di tengah gencarnya upaya pemerintah agar selalu bisa “hadir” memecahkan masalah-masalah serta melayani publik.. Dengan demikian, hadirnya Program S2 Magister Kebijakan Publik Universitas Airlangga sejak tahun 2008 hingga kini berada pada momentum dan arah yang tepat.

Berdasar Worldwide Governance Indicator (WGI) The World Bank, hingga saat ini Indonesia masih termasuk kategori negara dengan poor governance (Kauffman, et. al., 2016). Dalam hal ini rendahnya pencapaian dimensi Government Effectiveness (GE) memberi kontribusi yang signifikan di samping dimensi lainnya. Oleh karena itu kualitas proses dan hasil implementasi kebijakan publik sebagai inti proses governance menjadi keniscayaan dalam mewujudkan good governance. Untuk itu ketersediaan ahli kebijakan publik yang profesional sangatlah dibutuhkan. Apalagi saat ini sudah diberlakukan Permenpan & RB Nomor 5 Tahun 2012 tentang Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Publik beserta Angka Kreditnya.

Visi

Mewujudkan Program Pendidikan Magister Kebijakan Publik sebagai centre of excelencedalam memecahkan masalah kebijakan publik dan menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di tingkat nasional dalam menganalisis dan menyusun aspek formulasi?implementasi dan evaluasi kebijakan serta mampu memecahkan masalah kebijakan publik secara profesional.

Misi

  1. Memberikan kontribusi dalam penyiapan lulusan sebagai tenaga akademisi dan atau tenaga ahli profesional yang bertanggung jawab dan ikut memajukan kehidupan bangsa, negara dan masyarakat.
  2. Mewujudkan dan mencetak lulusan sebagai tenaga akademisi dan atau tenaga ahli profesional di bidangnya yang memiliki keluasan wawasan dan pengetahuan, daya kritis, ketajaman analisis, sehingga sanggup menyelesaikan setiap tugas-tugas yang dibebankannya.
  3. Menyelenggarakan mata ajaran yang inovatif dan mampu bersaing dengan program magister sejenis lainnya di tingkat Nasional, dengan selalu menyediakan kebaruanbody of knowledgeyang selaras dengan kebutuhan.
  4. Menyediakan staf pengajar terbaik dan berkualitas sesuai dengan kompetensi berbagai bidang yang diajarkan.