Selayang Pandang

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik pertamakali membuka Program S2 Ilmu-Ilmu sosial pada 1992 dan program ini dikelola oleh Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Pada awalnya, kurikulum yang dikembangkan masih bercorak umum tentang ilmu-ilmu sosial. Akan tetapi dalam perkembangannya, dibuka peminatan-peminatan terkait dengan ilmu-ilmu sosial, di antaranya adalah peminatan ilmu politik. Pada tahun 2003 dibuka peminatan baru yang berkait dengan ilmu politik, namanya peminatan Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal (MPPL). Kedua peminatan inilah yang dijadikan modal untuk mendirikan Program Magister Ilmu Politik. Adapun maksud dibuka kedua peminatan ini bisa lebih leluasa dikembangkan, dan dimungkinkan untuk membuka peminatan-peminatan lain di dalam studi politik.
Sebagai langkah untuk mengembangkan pendidikan strata dua di bidang ilmu politik di Universitas Airlangga, lebih difokuskan pada dua peminatan. Pertama, adalah peminatan Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal (MPPL). Kedua, adalah peminatan Analisis Politik. Peminatan pertama sebenarnya sudah didirikan dan merupakan bagian dari Program S2 Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Airlangga. Agar peminatan ini lebih terfokus dan berkembang, peminatan ini akan dibawa sebagai bagian dari Program S2 Ilmu Politik. Peminatan ini, khususnya, diarahkan pada upaya untuk menghasilkan para lulusan yang memiliki kemampuan pengelolaan, analitis, dan metodologis di bidang pemerintahan dan politik lokal. Sedangkan peminatan yang kedua, diarahkan pada upaya untuk menghasilkan para lulusan yang mampu memiliki kemampuan analitis dan metodologis ilmu politik pada umumnya. Ke dua peminatan selama ini juga merupakan bagian dari Program S2 Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Airlangga. Hanya saja, namanya adalah peminatan ilmu politik.
Secara formal yuridis Program Magister Ilmu Politik beroperasi pada tahun 2009 berdasarkan SK Rektor Nomor 820/H3/KR/2009 tertanggal 05-05-2009 dan secara operasional program Magister Ilmu Politik ini mulai menerima mahasiswa baru di bulan September 2009.

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian serta pengembangan ilmu politik secara bermoral sehingga menghasilkan lulusan yang mandiri, berintegritas, kritis, terbuka, dan analitis dalam mensikapi fenomena politik-pemerintahan serta memberi alternatifuntuk mengatasi permasalahan politik dan pemerintahan.

Misi

  1. Mengembangkan studi politik yang menaruh perhatian pada analisis fenomena politik kontemporer dan manajemen pemerintahan, sehingga menjadi unggul dalam pengembangan ilmu politik.
  2. Mengembangkan penelitian politik kontemporer dengan menggunakan seperangkat metode dan paradigma ilmu politik, sehingga menjadi unggul dalam pengembangan ilmu politik.
  3. Mengembangkan kompetensi analitis-kritis dalam mengidentifikasi, merumuskan dan memberi solusi terhadap fenomena politik yang berlangsung.
  4. Mengembangkan kepekaan dan tanggungjawab secara etis dan bermoral terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan politik dan pemerintahan.

Tujuan

  1. Mengembangkan pendidikan, metode dan analisis ilmu politik;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya nalar kritis, terbuka, dan memiliki kemampuan analisis yang mendalam untuk memahami, menjelaskan fenomana politik;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya nalar kritis, terbuka, dan memiliki kemampuan analisis yang mendalam untuk memahami, menjelaskan fenomana pemerintahan dan politik di daerah;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan studi lanjut dan mengembangkan ilmu politik