Selayang Pandang

Keberhasilan pembangunan kesehatan dipengaruhi oleh tersedianya sumber daya manusia di bidang kesehatan yang terampil, ahli, memiliki perencanaan kesehatan yang matang dan didukung oleh data serta informasi epidemiologi yang valid. Data epidemiologi digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh penentu kebijakan dalam upaya tercapainya tujuan kesehatan baik nasional maupun kesehatan daerah yang lokal dan spesifik. Tenaga epidemiologi sangat dibutuhkan sebagai salah satu indikator kinerja penyelenggaraan Sistem Surveilans Epidemiologi Kesehatan di tingkat Pusat, Propinsi, Kabupaten/Kota, Rumah sakit dan Puskesmas. Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga melalui Program Studi Magister Epidemiologi berperan aktif dalam menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan para ilmuwan dan praktisi di bidang Kesehatan Masyarakat terutama bidang Epidemiologi.

Visi

Menjadi Program Studi Magister yang terkemuka dan sebagai benchmarker dalam pengembangan IPTEKdi bidang Epidemiologi dengan tata kelola yang berorientasi pada mutu.

Misi

  1. Mengelola prodi dengan pendekatan RAISE plus(Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management and Organization, Sustainability, Efficiency;plus productivity, leadership, access and equity).
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan berbasis bukti (evidence based) sesuai dengan perkembangan IPTEK di bidang epidemiologi
  3. Melaksanakan penelitian dengan pendekatan promosi kesehatan, perlindungan spesifik, deteksi dini dan intervensi yang tepat sesuai dengan permasalahan kesehatan yang ada serta mencegah penyebarluasan masalah kesehatan dan memberikan alternatif solusi yang berbasis IPTEK di bidang epidemiologi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset dan IPTEK di bidang epidemiologi.

Minat Studi

  1. Manajemen Surveilans Epidemiologi dan Informasi Kesehatan (MSIK)
  2. Epidemiologi
  3. Epidemiologi Lapangan