Selayang Pandang

Program Studi Magister Biologi berdiri berdasarkan surat ijin pendirian Prodi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi tanggal 29 Nopember 2007 dengan no SK/4013/D/T/2007. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut Prodi Magister Biologi menerima mahasiswa baru untuk pertama kali pada tahun ajaran 2008/2009.

Visi

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam sains Biologi terutama dalam bidang Biologi Lingkungan, Biologi Perkembangan, Kultur Jaringan Tumbuhan baik sebagai peneliti, pendidik, maupun praktisi yang berwawasan internasional dan bermoral agama.

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan permasalahan masyarakat dibidang biologi dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan penelitian ilmiah
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan sains Biologi dan aplikasinya
  3. Mempersiapkan lulusan menjadi kandidat untuk mengikuti pendidikan doktor.

Tujuan

Tujuan pendidikan program studi S2 Biologi adalah menghasilkan lulusan yang berkemampuan berikut:

  1. Memiliki integritas dan motivasi tinggi, bersifat terbuka seta memiliki prakarsa untuk kemajuan ilmu dan teknologi.
  2. Mampu merancang, menyusun, dan melaksanakan pengembangan metode penelitian dalam ilmu Biologi.
  3. Mampu mencari dan menggali informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi, menganalisis, menetapkan masalah dan pemecahannya atas permasalahan yang berkaitan dengan ilmu Biologi Lingkungan, Biologi Perkembangan, Mikrobiologi, dan Kultur Jaringan Tumbuhan.
  4. Mampu menyampaikan hasil penelitian dalam bentuk tulisan dan lisan sesuai kaidah metode ilmiah dan bekerja sama dengan para pakar di bidang terkait.