Visi

Menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif dan bermoral dalam upaya pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan jaman.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang inovatif dan dinamis dalam bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  2. Mengembangkan kajian-kajian kritis dan analitik dalam Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  3. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  4. Melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  5. Mengupayakan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan informasi dalam masyarakat yang semakin dinamis.

Tujuan

Tujuan pendidikan secara umum adalah menyiapkan dan menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah Ilmu Informasi dan Perpustakaan serta menyebarluaskan dan mengupayakan pemanfaatannya untuk kepentingan pembangunan dan dunia usaha, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sedangkan tujuan secara khusus adalah:
  1. Menyelenggarakan proses pengajaran yang produktif dan inovatif sesuai kebutuhan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta kepentingan dunia usaha.
  2. Mengembangkan proses belajar dengan iklim akademik yang dinamis yang mendukung tumbuhnya pemikiran-pemikiran yang kritis dan analitik.
  3. Mengembangkan gagasan dan minat untuk menekuni bidang-bidang kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan untuk memperkaya sumbangan keilmuan yang senantiasa inovatif dan sesuai dinamika perkembangan masyarakat.
  4. Mengembangkan proses pembelajaran yang mampu menghasilkan rancangan sistem di bidang informasi dan perpustakaan.
  5. Mengembangkan kajian-kajian serta penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan serta pengabdian pada masyarakat.
  6. Mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung kompetensi lulusan yang mampu mengelola informasi secara profesional.