PROGRAM SPESIALIS 2 (SUB SPESIALIS)

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2017/2018

NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2017
GASAL GENAP
1 Ilmu Kesehatan Anak
Minat : alergi imunologi, gastrohepatologi, hemato onkologi, infeksi dan penyakit tropis, kardiologi, neonatologi, tumbuh kembang, Endokrinologi, Nefrologi
2 / minat 2 / minat
2 Bedah Kepala Leher 1 1
3 Psikiatri Anak dan Remaja - 2
4 Ilmu Penyakit Dalam 8 8
5 Patologi Klinik
Minat : imunologi, penyakit infeksi, endokrinologi, gastroenterohepatologi, nefrologi, hematologi
3 / minat 3 / minat
6 Anestesiologi dan Reanimasi
Minat :
  • KIC (Konsultan Intensive Care)
  • KAP (Konsultan Anastesi Pediatri)
  • KAKV (Konsultan Anastesi Kardiovaskular)
5 / minat 5 / minat
7 Bedah Digestif 1 1
8 Obstetri dan Ginekologi - -

BIAYA PENDIDIKAN

BIAYA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SUB SPESIALIS BAGI MAHASISWA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

No Program Studi SOP
(Rp)
SP3
(Rp)
1 Ilmu Kesehatan Anak 15.000.000 15.000.000
2 Bedah Kepala Leher 15.000.000 15.000.000
3 Psikiatri Anak dan Remaja 10.000.000 10.000.000
4 Ilmu Penyaki Dalam 15.000.000 15.000.000
5 Patologi Klinik 10.000.000 10.000.000
6 Anestesiologi dan Reanimasi 15.000.000 15.000.000
7 Bedah Digestif 15.000.000 15.000.000
Keterangan: *) Berdasarkan SK Rektor Nomor 15 tahun 2016 tertanggal 17 Maret 2016

SEMESTER GASAL 2017/2018
PROGRAM SPESIALIS 2(SUB SPESIALIS)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 1 – 28 Maret 2017
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 – 28 Maret 2017
Pengumuman lolos verifikasi online 10 – 28 Maret 2017
Perbaikan bagi yang tidak lolos 10 – 30 Maret 2017 Perbaikan berkas terakhir tanggal 30 Maret 2017 pkl 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 10  Maret – 3 April 2017 Batas pembayaran terakhir pukul 23.59 WIB
Tes Psikologi 3 April 2017
Wawancara, Tes Bidang Ilmu, dan Tes Kesehatan 11 April – 12 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 29 Mei 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 5 – 6 Juni 2017  

*) Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

JADWAL TES PSIKOLOGI PPDS 2 GASAL 2017/2018

Pembayaran Jadwal Tes KETERANGAN
22 Maret - 27 Maret 2017 3 April 2017 Pukul 07.30 - Selesai
Di LP3T Fakultas Psikologi Lt. 3
Kampus B Universitas Airlangga
   

C A T A T A N !

Berkas yang tidak lengkap tidak diproses.
Setelah lolos verifikasi dan setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran (Via ATM / Teller) harap berkas yang telah diupload (1 Bendel Berkas Harus sudah urut dan sesuai dengan persyaratan yang ada di Web (persyaratan Umum 1-12 dan persyaratan Khusus) sebanyak 2 Rangkap/Set) segera dikirim ke PPMB Universitas Airlangga, Gedung Airlangga Convention Center Kampus C Surabaya Paling lambat Tgl 3 April 2017 (Cap Pos).



SEMESTER GENAP TAHUN 2017/2018
PROGRAM SPESIALIS 2 (SUB SPESIALIS)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 18 September – 4 Oktober 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 25 September – 4 Oktober 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 25 September – 4 Oktober 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 25 September – 6 Oktober 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 25 September – 9 Oktober 2017  
Tes Psikologi 10 – 11 Oktober 2017  
Wawancara, Tes Bidang Ilmu, dan Tes Kesehatan 17 Oktober – 17 November 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi 5 Desember 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 13 – 15 Desember 2017  

*) Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

JADWAL TES PSIKOLOGI PPDS 2 GENAP 2017/2018

Pembayaran Jadwal Tes KETERANGAN
- - Pukul 07.30 - Selesai
Di LP3T Fakultas Psikologi Lt. 3
Kampus B Universitas Airlangga
   

* Jadawal akan segera diinformasikan

PERSYARATAN PPDS2 (SUB SPESIALIS) TAHUN AKADEMIK 2017/2018


PERSYARATAN UMUM

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Identitas Diri
KTP / SIM / Passport yang masih berlaku.
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB.
*jpg / *pdf
3.
  1. Dokter Spesialis lulusan dalam negeri maupun luar negeri di bidang yang sesuai dengan bidang subspesialis yang dituju.
  2. Dokter Spesialis lulusan di luar Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat adaptasi dari Institusi Pendidikan yang diakui oleh Kolegium spesialis masing-masing.
Sertifikat adaptasi dari Institusi Pendidikan yang diakui oleh Kolegium spesialis masing-masing.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki Copy Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
Fotocopy Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
5. Mendapat surat persetujuan mengikuti Pendidikan subspesialis dari atasan (bagi yang sedang bekerja). Surat persetujuan mengikuti Pendidikan subspesialis dari atasan (bagi yang sedang bekerja).
*jpg / *pdf
6.
Bagi Calon Peserta PPDS Subspesialis yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), wajib melampirkan fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagi Calon Peserta yang berstatus sebagai Anggota TNI/POLRI, wajib melampirkan fotokopi Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Surat Perintah (Sprin) terakhir.
Bagi Calon Peserta PPDS Subspesialis yang berstatus :
  1. Bagi Calon Peserta berstatus (PNS), wajib melampirkan fotokopi SK CPNS dan SK PNS.
  2. Bagi Calon Peserta dari Anggota TNI/POLRI, wajib melampirkan fotokopi Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Terakhir.
*jpg / *pdf
7.
Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dokter spesialis yang masih berlaku (satu tahun sebelum masa berlakunya habis pada saat tes/bukti pengurusan perpanjangan).
STR Dokter yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlakunya).
*jpg / *pdf
8.
Membuat surat pernyataan bersedia mematuhi semua peraturan yang berlaku di RSUD Dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Program Studi masing-masing.
Surat Pernyataan bersedia mematuhi semua peraturan yang berlaku di RSUD Dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Program Studi masing-masing.
*jpg / *pdf
9.
Membuat surat persetujuan mengikuti Pendidikan Subspesialis dari orang tua/suami/istri.
Surat Persetujuan mengikuti PPDS di FK UNAIR dari Orang tua/Suami/Isteri.
*jpg / *pdf
10.
Untuk Program tugas belajar yang berasal dari Kementerian Kesehatan wajib  mempunyai surat keterangan pembiayaan SOP & SP3 ditanggung KEMENKES/DINKES setempat setelah dinyatakan lulus seleksi.
Surat Keterangan bahwa Biaya Pendidikan (SOP & SP3) ditanggung Kementerian Kesehatan yang menugaskan.
*jpg / *pdf
11.
Memiliki surat persetujuan/rekomendasi/penugasan dari instansi induk, sebagai berikut :
  • Bagi calon peserta PPDS subspesialis yang memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Kesehatan/Dinas Kesehatan, dengan melampirkan Surat Persetujuan dari Kementerian Kesehatan/Dinas Kesehatan.
  • Bagi calon peserta PPDS subspesialis dari TNI/POLRI yang memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Pertahanan dengan melampirkan Surat Persetujuan dari Mabes TNI/KepalaKepolisianRepublik Indonesia (POLRI).
Bagi calon peserta dari ex PTT akan diatur lebih lanjut sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang ada.
  • Surat persetujuan dari Dinas Kesehatan Propinsi setempat (Bagi calon peserta dari Kementerian Kesehatan).
  • Surat Persetujuan/rekomendasi/penugasan dari Mabes TNI/Kepala Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). (Bagi calon peserta PPDS dari TNI/POLRI).
*jpg / *pdf
12.
Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae.
Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae.
*jpg / *pdf
13.
Mendapat surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
*jpg / *pdf

PERSYARATAN KHUSUS

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Program Pendidikan Spesialis ≥2,50.
TRANSKRIP Spesialis ≥ 2,50.
*jpg / *pdf
2.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
3.
Sudah bekerja satu tahun secara terus menerus di satu bidang Sub spesialis Institus Pendidikan Dokter Spesialis Anak atau  tiga tahun untuk yang bekerja di luar IPDSA.
Surat Keterangan telah bekerja 1 tahun di satu bidang Sub spesialis Institus Pendidikan Dokter Spesialis Anak / 3 th untuk yang bekerja di luar IPDSA.
*jpg / *pdf
4.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
Surat rekomendasi dari organisasi profesi spesialis anak.
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Staf pendidikan dokter spesialis bedah baik di senter pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikan.
Surat Keterangan Telah bekerja sebagai Staf pendidikan dokter spesialis bedah baik di senter pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikanr pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikan.
*jpg / *pdf
2.
Telah menunjukkan minat pada bidang bedah kepala leher  yang dibuktikan dengan menjadi anggota PEBKLI atau 3 kali mengikuti workshop Bedah Kepala Leher.
Surat Keanggotaan PEBKLI atau 3 Sertifikat mengikuti workshop Bedah Kepala Leher.
*jpg / *pdf
3.
Surat ijin / rekomendasi dari unit kerja calon peserta  dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Direktur Rumah Sakit.
Surat ijin / rekomendasi dari unit kerja calon peserta dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Direktur Rumah Sakit.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
5.
Mempunyai kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet.
Sertifikat Komputer tentang skil komputer dan internet.
*jpg / *pdf
6.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi atau kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari organisasi profesi /kolegium spesialisasinya.
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Sudah lulus sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa minimal 2 tahun.
Fotokopi Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
2.
Mempunyai Surat Penugasan atau rekomendasi dari Institusi Pendidikan Kedokteran atau dari Rumah Sakit Jiwa.
Surat Penugasan atau rekomendasi dari Institusi Pendidikan Kedokteran atau dari Rumah Sakit Jiwa.
*jpg / *pdf
3.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Mendapat surat rekomendasi dari OP spesialis terkait
Surat rekomendasi dari OP spesialis terkait.
*jpg / *pdf
2.
Telah melakukan praktek selaku spesialis sekurang-kurangnya 1 tahun kecuali dosen prodi terkait
Surat Keterangan telah melakukan praktek selaku dr spesialis sekurang-kurangnya 1 tahun kecuali dosen prodi terkait.
*jpg / *pdf
3.
Mendapat surat rekomendasi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
Surat rekomendasi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
*jpg / *pdf
4.
Kesempatan mengikuti 3 kali
   
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Mempunyai sertifikat ELPT dengan nilai ≥450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥450 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
2.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
Surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
*jpg / *pdf
3.
Kesempatan mengikuti ujian maksimal 2 kali.
   
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Indeks prestasi kumulatif (IPK) Program Pendidikan Spesialis anestesiologi dan Terapi Intensif  ≥2,50.
Transkrip Spesialis Anestesi ≥ 2,50.
*jpg / *pdf
2.
Memiliki salah satu Sertifikat ATLS/PTC/NLS/ BLS.
Memiliki salah satu Sertifikat ATLS/PTC/NLS/ BLS.
*jpg / *pdf
3.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥450 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
4. Memiliki surat keterangan sehat. Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
5. Telah melaksanakan praktik sebagai dokter spesialis sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun kecuali tenaga pengajar atau dosen prodi terkait Surat Keterangan telah melaksanakan praktik sebagai dokter spesialis sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun kecuali tenaga pengajar atau dosen prodi terkait. *jpg / *pdf
6. Calon peserta yang menjadi prioritas adalah yang berasal dari:
  1. Institusi Pendidikan Anestesiologi dan Terapi Intensif
  2. Rumah Sakit yang melakukan pelayanan tersier dan memiliki sarana medik terkait.
  1. Surat Keterangan bekerja pada Institusi Pendidikan Anestesiologi dan Terapi Intensif, atau
  2. Surat Keterangan bekerja pada rumah sakit yang melakukan pelayanan tersier dan memiliki sarana medik terkait.
*jpg / *pdf
7. Mendapat surat rekomendasi dari organisas profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya Surat rekomendasi dari organisas profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya. *jpg / *pdf
8. Kesempatan mengikuti ujian seleksi Prodi Pendidikan Sub-Spesialis Anestesiologi dan terapi Intensif maksimal 2 kali .    
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Spesialis bedah umum.
Fotokopi Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
2.
Surat rekomendasi dari RS asal bekerja atau institusi pendidikan tempat bekerja.
Surat rekomendasi dari RS asal bekerja atau institusi pendidikan tempat bekerja.
*jpg / *pdf
3.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai > 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai >500 dari lembaga yang diakui / IELTS > 6.0.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui/ IELTS > 6.0.
*jpg / *pdf
4.
Rekomendasi dari 2 dokter bedah spesialis konsultan bedah digestif.
Surat Rekomendasi dari 2 dokter bedah spesialis konsultan bedah digestif.
*jpg / *pdf
5.
Bagi yang mendapat tugas belajar wajib menanda tangani surat pernyataan bermeterai bahwa akan bersedia kembali ke tempat asal setelah dinyatakan lulus.
Surat pernyataan kesediaan bermeterai bahwa akan kembali ke tempat asal setelah dinyatakan lulus.
*jpg / *pdf
6.
Mendapat surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
*jpg / *pdf

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,

Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.1.250.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.2.500.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
Prosedur Pembayaran Melalui ATM :
Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Spesialis (Rp.1.250.000,-) tekan ok dst....
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

MATERI UJIAN

  • TES PSIKOLOGI
  • WAWANCARA
  • BIDANG ILMU
  • TES KESEHATAN

 

KELENGKAPAN UJIAN

  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    1. Pensil 2B
    2. Karet penghapus
    3. Bolpoin
    4. Peraut pensil

Registrasi

  1. Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
  2. Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
  3. Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
  4. Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  5. Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  6. Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.