PROGRAM SPESIALIS 2 (SUB SPESIALIS)

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2018/2019

NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2018
GASAL GENAP
1 Ilmu Kesehatan Anak
Minat : alergi imunologi, gastrohepatologi, hemato onkologi, infeksi dan penyakit tropis, kardiologi, neonatologi, tumbuh kembang, Endokrinologi, Nefrologi
2 / minat 2 / minat
2 Bedah Kepala Leher 1 1
3 Sub Spesialis Psikiatri Anak dan Remaja Konsultan - 2
4 Sub Spesialis Penyakit Dalam 8 8
5 Patologi Klinik
Minat : imunologi, penyakit infeksi, endokrinologi, gastroenterohepatologi, nefrologi, hematologi
3 / minat 3 / minat
6 Anestesiologi dan Terapi Intensif
Minat :
  • KIC (Konsultan Intensive Care)
  • KAP (Konsultan Anastesi Pediatri)
  • KAKV (Konsultan Anastesi Kardiovaskular)
3 / minat 3 / minat
7 Spesialis Bedah Kosultan Bedah Digestif 2 1
8 Obstetri dan Ginekologi - -

BIAYA PENDIDIKAN

BIAYA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SUB SPESIALIS BAGI MAHASISWA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2018/2019

No Program Studi SOP
(Rp)
SP3
(Rp)
1 Ilmu Kesehatan Anak 15.000.000 15.000.000
2 Bedah Kepala Leher 15.000.000 15.000.000
3 Sub Spesialis Psikiatri Anak dan Remaja Konsultan 10.000.000 10.000.000
4 Sub Spesialis Penyaki Dalam 15.000.000 15.000.000
5 Patologi Klinik 10.000.000 10.000.000
6 Anestesiologi dan Terapi Intensif 15.000.000 15.000.000
7 Sub Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif 15.000.000 15.000.000
Keterangan: *) Berdasarkan SK Rektor Nomor 22 tahun 2018 tertanggal 5 Maret 2018

SEMESTER GASAL 2018/2019
PROGRAM SPESIALIS 2(SUB SPESIALIS)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 1 - 28 Maret 2018
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 - 28 Maret 2018
Pengumuman lolos verifikasi online 10 - 28 Maret 2018
Perbaikan bagi yang tidak lolos 10 Maret- 2 April 2018 Perbaikan berkas terakhir tanggal 2 April 2018 pkl 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 10 Maret - 3 April 2018 Batas pembayaran terakhir pukul 23.59 WIB
Tes Psikologi 5 April 2018
Wawancara, Tes Bidang Ilmu, dan Tes Kesehatan 16 April - 17 Mei 2018
Pengumuman Hasil Seleksi 24 Mei 2018  
Registrasi Mahasiswa Baru 4 - 5 Juni 2018  

*) Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

JADWAL TES TULIS DAN WAWANCARA PPDS 2 GASAL 2018/2019

silahkan unduh jadwal tes tulis dan wawancara dibawah ini :

Jadwal Tes Bidang Ilmu, Wawancara dan Tes Kesehatan seleksi Penerimaan PPDS II.pdf


C A T A T A N !

Berkas yang tidak lengkap tidak diproses.
Setelah lolos verifikasi dan setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran (Via ATM / Teller) harap berkas yang telah diupload (1 Bendel Berkas Harus sudah urut dan sesuai dengan persyaratan yang ada di Web (persyaratan Umum 1-12 dan persyaratan Khusus) sebanyak 2 Rangkap/Set) segera dikirim ke PPMB Universitas Airlangga, Gedung Airlangga Convention Center Kampus C Surabaya Paling lambat Tgl 2 April 2018 (CAP POS).



SEMESTER GENAP TAHUN 2018/2019
PROGRAM SPESIALIS 2 (SUB SPESIALIS)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 3 - 28 September 2018 Terakhir Pukul 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 - 28 September 2018  
Pengumuman lolos verifikasi online 10 - 28 September 2018  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 10 September- 1 Oktober 2018 Terakhir Pukul 19.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 10 September- 3 Oktober 2018 Terakhir Pukul 23.59 WIB
Tes Psikologi 4 Oktober 2018  
Wawancara, Tes Bidang Ilmu, dan Tes Kesehatan 8 Oktober - 9 November 2018 Rincian Jadwal terlampir
Pengumuman Hasil Seleksi 16 November 2018  
Registrasi Mahasiswa Baru 21 - 23 November 2018  

*) Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)


C A T A T A N !

Berkas yang tidak lengkap tidak diproses.
Setelah lolos verifikasi dan setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran (Via ATM / Teller) harap berkas yang telah diupload (1 Bendel Berkas Harus sudah urut dan sesuai dengan persyaratan yang ada di Web (persyaratan Umum 1-12 dan persyaratan Khusus) sebanyak 2 Rangkap/Set) segera dikirim ke PPMB Universitas Airlangga, Gedung Airlangga Convention Center Kampus C Surabaya Paling lambat Tgl 1 Oktober 2018 (CAP POS).

* Jadawal akan segera diinformasikan

PERSYARATAN PPDS2 (SUB SPESIALIS) TAHUN AKADEMIK 2018/2019


PERSYARATAN UMUM

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Warga Negara Indonesia
Identitas Diri
KTP / SIM / Passport yang masih berlaku.
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB.
*jpg / *pdf
3.
  1. Dokter Spesialis lulusan dalam negeri maupun luar negeri di bidang yang sesuai dengan bidang subspesialis yang dituju.
  2. Dokter Spesialis lulusan di luar Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat adaptasi dari Institusi Pendidikan yang diakui oleh Kolegium spesialis masing-masing.
Sertifikat adaptasi dari Institusi Pendidikan yang diakui oleh Kolegium spesialis masing-masing.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki Copy Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
Fotocopy Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis, yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
5. Mendapat surat persetujuan mengikuti Pendidikan subspesialis dari atasan (bagi yang sedang bekerja). Surat persetujuan mengikuti Pendidikan subspesialis dari atasan (bagi yang sedang bekerja).
*jpg / *pdf
6.
Bagi Calon Peserta PPDS Subspesialis yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), wajib melampirkan fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagi Calon Peserta yang berstatus sebagai Anggota TNI/POLRI, wajib melampirkan fotokopi Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Surat Perintah (Sprin) terakhir.
Bagi Calon Peserta PPDS Subspesialis yang berstatus :
  1. Bagi Calon Peserta berstatus (PNS), wajib melampirkan fotokopi SK CPNS dan SK PNS.
  2. Bagi Calon Peserta dari Anggota TNI/POLRI, wajib melampirkan fotokopi Surat Perintah (Sprin) Pertama dan Terakhir.
*jpg / *pdf
7.
Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dokter spesialis yang masih berlaku (satu tahun sebelum masa berlakunya habis pada saat tes/bukti pengurusan perpanjangan).
STR Dokter yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlakunya).
*jpg / *pdf
8.
Membuat surat pernyataan bersedia mematuhi semua peraturan yang berlaku di RSUD Dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Program Studi masing-masing.
Surat Pernyataan bersedia mematuhi semua peraturan yang berlaku di RSUD Dr. Soetomo, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Program Studi masing-masing.
*jpg / *pdf
9.
Membuat surat persetujuan mengikuti Pendidikan Subspesialis dari orang tua/suami/istri.
Surat Persetujuan mengikuti PPDS di FK UNAIR dari Orang tua/Suami/Isteri.
*jpg / *pdf
10.
Untuk Program tugas belajar yang berasal dari Kementerian Kesehatan wajib  mempunyai surat keterangan pembiayaan SOP & SP3 ditanggung KEMENKES/DINKES setempat setelah dinyatakan lulus seleksi.
Surat Keterangan bahwa Biaya Pendidikan (SOP & SP3) ditanggung Kementerian Kesehatan yang menugaskan.
*jpg / *pdf
11.
Memiliki surat persetujuan/rekomendasi/penugasan dari instansi induk, sebagai berikut :
  • Bagi calon peserta PPDS subspesialis yang memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Kesehatan/Dinas Kesehatan, dengan melampirkan Surat Persetujuan dari Kementerian Kesehatan/Dinas Kesehatan.
  • Bagi calon peserta PPDS subspesialis dari TNI/POLRI yang memperoleh Tugas Belajar dari Kementerian Pertahanan dengan melampirkan Surat Persetujuan dari Mabes TNI/KepalaKepolisianRepublik Indonesia (POLRI).
Bagi calon peserta dari ex PTT akan diatur lebih lanjut sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang ada.
  • Surat persetujuan dari Dinas Kesehatan Propinsi setempat (Bagi calon peserta dari Kementerian Kesehatan).
  • Surat Persetujuan/rekomendasi/penugasan dari Mabes TNI/Kepala Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). (Bagi calon peserta PPDS dari TNI/POLRI).
*jpg / *pdf
12.
Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae.
Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae.
*jpg / *pdf
13.
Mendapat surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
*jpg / *pdf

PERSYARATAN KHUSUS

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Program Pendidikan Spesialis ≥2,50.
TRANSKRIP Spesialis ≥ 2,50.
*jpg / *pdf
2.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
3.
Sudah bekerja satu tahun secara terus menerus di satu bidang Sub spesialis Institus Pendidikan Dokter Spesialis Anak atau  tiga tahun untuk yang bekerja di luar IPDSA yang dibuktikan dengan surat keterangan dari atasan tempat bekerja.
Surat Keterangan telah bekerja 1 tahun di satu bidang Sub spesialis Institus Pendidikan Dokter Spesialis Anak / 3 th untuk yang bekerja di luar IPDSA.
*jpg / *pdf
4.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
Surat rekomendasi dari organisasi profesi spesialis anak.
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Staf pendidikan dokter spesialis bedah baik di senter pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikan.
Surat Keterangan Telah bekerja sebagai Staf pendidikan dokter spesialis bedah baik di senter pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikanr pendidikan maupun di rumah sakit jejaring pendidikan.
*jpg / *pdf
2.
Telah menunjukkan minat pada bidang bedah kepala leher  yang dibuktikan dengan dengan pernah mengikuti workshop Bedah Kepala Leher.
Surat Keanggotaan PEBKLI atau 3 Sertifikat mengikuti workshop Bedah Kepala Leher.
*jpg / *pdf
3.
Surat ijin / rekomendasi dari unit kerja calon peserta  dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Direktur Rumah Sakit.
Surat ijin / rekomendasi dari unit kerja calon peserta dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Direktur Rumah Sakit.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
5.
Mempunyai kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet.
Sertifikat Komputer tentang skil komputer dan internet.
*jpg / *pdf
6.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi atau kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari organisasi profesi /kolegium spesialisasinya.
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Sudah lulus sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
Fotokopi Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
2.
Mempunyai Surat Penugasan atau rekomendasi dari Institusi Pendidikan Kedokteran atau dari RSU.
Surat Penugasan atau rekomendasi dari Institusi Pendidikan Kedokteran atau dari RSU.
*jpg / *pdf
3.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
*jpg / *pdf
4.
4. Berusia tidak lebih dari 50 tahun pada saat mulai Program Pendidikan Dokter Spesialis – PPDS (1 Januari untuk periode seleksi Semester Genap dan 1 Juli untuk periode seleksi Semester Gasal)
-
-
3.
5. Memiliki sertifikat MKDU Unair/RS Dr.Soetomo, jika belum harus mengikuti terlebih dahulu selama 6 bulan.
sertifikat MKDU Unair/RS Dr.Soetomo
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Mendapat surat rekomendasi dari Organisasi Profesi spesialis terkait
Surat rekomendasi dari OP spesialis terkait.
*jpg / *pdf
2.
Telah melakukan praktek selaku spesialis sekurang-kurangnya 1 tahun kecuali dosen prodi terkait
Surat Keterangan telah melakukan praktek selaku dr spesialis sekurang-kurangnya 1 tahun kecuali dosen prodi terkait.
*jpg / *pdf
3.
Mendapat surat rekomendasi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
Surat rekomendasi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
*jpg / *pdf
4.
Kesempatan mengikuti 3 kali
   
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Mempunyai sertifikat ELPT dengan nilai ≥450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥450 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
2.
Mendapat surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
Surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya.
*jpg / *pdf
3.
Kesempatan mengikuti ujian maksimal 2 kali.
   
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Indeks prestasi kumulatif (IPK) Program Pendidikan Spesialis anestesiologi dan Terapi Intensif  ≥2,50.
Transkrip Spesialis Anestesi ≥ 2,50.
*jpg / *pdf
2.
Memiliki salah satu Sertifikat ATLS/PTC/NLS/ BLS.
Memiliki salah satu Sertifikat ATLS/PTC/NLS/ BLS.
*jpg / *pdf
3.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai ≥450 dari lembaga yang diakui.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 450 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui.
*jpg / *pdf
4. Memiliki surat keterangan sehat. Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
5. Telah melaksanakan praktik sebagai dokter spesialis sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun kecuali tenaga pengajar atau dosen prodi terkait Surat Keterangan telah melaksanakan praktik sebagai dokter spesialis sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun kecuali tenaga pengajar atau dosen prodi terkait. *jpg / *pdf
6. Calon peserta yang menjadi prioritas adalah yang berasal dari:
  1. Institusi Pendidikan Anestesiologi dan Terapi Intensif
  2. Rumah Sakit yang melakukan pelayanan tersier dan memiliki sarana medik terkait.
  1. Surat Keterangan bekerja pada Institusi Pendidikan Anestesiologi dan Terapi Intensif, atau
  2. Surat Keterangan bekerja pada rumah sakit yang melakukan pelayanan tersier dan memiliki sarana medik terkait.
*jpg / *pdf
7. Mendapat surat rekomendasi dari organisas profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya Surat rekomendasi dari organisas profesi sesuai dengan bidang spesialisasinya. *jpg / *pdf
8. Kesempatan mengikuti ujian seleksi Prodi Pendidikan Sub-Spesialis Anestesiologi dan terapi Intensif maksimal 2 kali .    
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Spesialis bedah umum.
Fotokopi Ijazah Pendidikan Dokter Spesialis yang telah dilegalisir oleh Dekan Fakultas Kedokteran asal.
*jpg / *pdf
2.
Surat rekomendasi dari RS asal bekerja atau institusi pendidikan tempat bekerja.
Surat rekomendasi dari RS asal bekerja atau institusi pendidikan tempat bekerja.
*jpg / *pdf
3.
Memiliki sertifikat ELPT dengan nilai > 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau sertifikat TOEFL dengan nilai >500 dari lembaga yang diakui / IELTS > 6.0.
Sertifikat ELPT / TOEFL dengan nilai ≥ 500 dari Pusat Bahasa Universitas Airlangga atau dari lembaga yang diakui/ IELTS > 6.0.
*jpg / *pdf
4.
Rekomendasi dari 2 dokter bedah spesialis konsultan bedah digestif.
Surat Rekomendasi dari 2 dokter bedah spesialis konsultan bedah digestif.
*jpg / *pdf
5.
Bagi yang mendapat tugas belajar wajib menanda tangani surat pernyataan bermeterai bahwa akan bersedia kembali ke tempat asal setelah dinyatakan lulus.
Surat pernyataan kesediaan bermeterai bahwa akan kembali ke tempat asal setelah dinyatakan lulus.
*jpg / *pdf
6.
Mendapat surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
Surat rekomendasi dari kolegium sesuai dengan bidang spesialisasinya
*jpg / *pdf

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair

Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email notifikasi lolos verifikasi
kode voucher biaya seleksi yang bisa dibayarkan pada Bank Mitra : Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Jatim

Tata cara pembayaran dapat dilihat dibawah ini :
1. Bank Mandiri : klik disini
2. BNI : klik disini
3. BRI : klik disini
4. Bank Jatim : klik disini

Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.1.250.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.2.500.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

MATERI UJIAN

  • TES PSIKOLOGI
  • WAWANCARA
  • BIDANG ILMU
  • TES KESEHATAN

 

KELENGKAPAN UJIAN

  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    1. Pensil 2B
    2. Karet penghapus
    3. Bolpoin
    4. Peraut pensil

Registrasi

  1. Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
  2. Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
  3. Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
  4. Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  5. Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  6. Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.

SYARAT PENERIMAAN (Wajib Dipenuhi Jika Diterima)

  1. Kepemilikan kartu Nomor Pokok Anggota (NPA) Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
  2. Keaktifan calon mahasiswa PPDS I dalam menjadi anggota Asuransi Kesehatan (BPJS atau lainya yang bisa digunakan selama Pendidikan).