Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) merupakan jalur pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dengan Surat Ijin No. 3568/D/T/2002, tertanggal 2 Desember 2002. Sedangkan ketentuan penyelenggaraan PPAk diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001, tanggal 21 Nopember 2001.
Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTAN (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui Program PPAk Universitas Airlangga.

A. TUJUAN

Menghasilkan Akuntan yang memiliki :

  1. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional yang diperlukan oleh seorang akuntan.
  2. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional sehingga menjadi akuntan yang bersertifikat akuntan publik (BAP) melalui USAP
  3. Kemampuan berpraktik sebagai auditor

B.PROSPEK

Lulusan PPA adalah Akuntan yang berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Lulus USAP (Bersertifikat Akuntan Publik) merupakan syarat penting untuk mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik.

Disamping itu, tentu saja para akuntan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para sarjana akuntansi yang bukan akuntan. Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.


C. DAYA TAMPUNG

Daya tampung Program Profesi Akuntan tahun akademilk 2018 :

  1. Ganjil: 25
  2. Genap : 25

WAKTU & LAMA PENDIDIKAN

Pelaksanaan kuliah dilakukan setiap hari Senin sampai Jum'at, pukul 18.00 s/d 20.30 WIB. Lama pendidikan adalah satu tahun (atau dua semester).

PERIODE PERKULIAHAN
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester melalui suatu sistem seleksi. Perkuliahan diadakan 2 (dua) kali dalam setahun.

DESAIN KURIKULUM
Kurikulum terdiri dari 9 mata kuliah atau ekuivalen dengan 26 sks, dengan sebaran sebagai berikut:

SEMESTER No. MATAKULIAH Bobot SKS
Kuliah Praktikum Jumlah
I 1 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial 3 3
2 Pelaporan Akuntansi Keuangan 3   3
3 Pasar Modal dan Manajemen Keuangan 3 3
4 Etika Bisnis dan profesi 3   3
5 Manajemen Teknologi Informasi 3   3
TOTAL 15
II 1 Praktik Audit   3 3
2 Seminar Teori Akuntansi 3   3
3 Perpajakan 3   3
4 Akuntansi Manajemen dan Biaya 3   3
TOTAL 12

SATUAN BIAYA PENDIDIKAN PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN
TAHUN AKADEMIK 2018/2019


No KETERANGAN SOP (Rp) SP3 (Rp) Matrikulasi (Rp)
1 Alumni 3.250.000 1.000.000 300.000/mata ajar
2 Non Alumni 3.250.000 4.000.000 300.000/mata ajar

PERHATIAN

Pengisian Form Pendaftaran Online harus dilakukan SESUAI JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN, pendaftaran online diluar waktu yang kami tentukan sepenuhnya tanggung jawab peserta.

SEMESTER GASAL GELOMBANG I TA 2019/2020 PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 7 Januari – 8 Maret 2019 Pendaftaran Online terakhir tanggal 8 Maret 2019 pkl 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 8 Januari – 8 Maret 2019  
Pengumuman lolos verifikasi online 8 Januari – 8 Maret 2019  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 8 Januari – 11 Maret 2019 Perbaikan berkas terakhir tanggal 11 Maret 2019 pkl 19.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 8 Januari – 12 Maret 2019 Batas pembayaran terakhir 12 Maret 2019 pukul 23.59 WIB
Ujian Bid. Ilmu 16 Maret 2019  
Ujian TPA & Bahasa Inggris 17 Maret 2019  
Wawancara 21 Maret 2019  
Pengumuman Hasil Seleksi 27 – 29 Maret 2019  
Registrasi Mahasiswa Baru  

SEMESTER GASAL GELOMBANG II TA 2018/2019 PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 18 Maret – 3 Mei 2019 Pendaftaran Online terakhir tanggal 03 Mei 2019 pkl 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 19 Maret – 3 Mei 2019  
Pengumuman lolos verifikasi online 19 Maret – 3 Mei 2019  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 19 Maret – 6 Mei 2019 Perbaikan berkas terakhir tanggal 6 Mei 2019 pkl 19.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 19 Maret – 7 Mei 2019 Batas pembayaran terakhir 7 Mei 2018 pukul 23.59 WIB
Ujian Bid. Ilmu 11 Mei 2019  
Ujian TPA , Bahasa Inggris, dan Wawancara 12 Mei 2019  
Pengumuman Hasil Seleksi 16 Mei 2019  
Registrasi Mahasiswa Baru 22 – 24 Mei 2019  



SEMESTER GENAP GELOMBANG I

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 13 Mei – 13 Agustus 2019 Terakhir tanggal 13 Agustus 2019 Pukul 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 14 Mei – 13 Agustus 2019  
Pengumuman lolos verifikasi online 14 Mei – 13 Agustus 2019  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 14 Mei – 14 Agustus 2019 Terakhir tanggal 14 Agustus 2019 Pukul 19.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 14 Mei – 15 Agustus 2019 Terakhir 15 Agustus 2019 Pukul 23.59 WIB
Ujian Bid. Ilmu
24 Agustus 2019  
Ujian TPA & Bahasa Inggris 25 Agustus 2019  
Pengumuman Hasil Seleksi 29 Agustus 2019  
Registrasi Mahasiswa Baru 10 – 12 September 2019  

SEMESTER GENAP GELOMBANG II

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 2 September – 24 Oktober 2019 Terakhir tanggal 24 Oktober 2019 Pukul 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 3 September – 24 Oktober 2019  
Pengumuman lolos verifikasi online 3 September – 24 Oktober 2019  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 3 September – 25 Oktober 2019 Terakhir tanggal 25 Oktober 2019 Pukul 19.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 3 September – 28 Oktober 2019 Terakhir Pukul 23.59 WIB

Ujian TPA , Bahasa Inggris & Wawancara

2 November 2019  
Ujian Bid. Ilmu
3 November 2019  
Pengumuman Hasil Seleksi

7 November 2019

 
Registrasi Mahasiswa Baru 13 – 15 November 2019

SEMESTER GENAP GELOMBANG III

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 26 November – 7 Desember 2018 Terakhir Pukul 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 27 November – 11 Desember 2018  
Pengumuman lolos verifikasi online 27 November – 11 Desember 2018  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 27 November – 11 Desember 2018 Terakhir Pukul 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 27 November – 12 Desember 2018 Terakhir Pukul 23.59 WIB

Ujian TPA & Bahasa Inggris

15 Desember 2018  
Ujian Bid. Ilmu & Wawancara 16 Desember 2018  
Pengumuman Hasil Seleksi

20 Desember 2018

 
Registrasi Mahasiswa Baru 2 – 4 Januari 2019

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
atau

  1. Telp. Help Desk (Senin - Jumat, 08.00-16.00) :
  2. 081.339.407.603

Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,

Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Rp. 700.000,- Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

Pembayaran Bisa dilakukan melalui Teller maupun ATM Bank Mandiri,
Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pilih pembayaran atau pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => cek data di layar tekan 1 (IPA), 2 (IPS), 3 (IPC) muncul tampilan konfirmasi ok dst....

PERSYARATAN PPAK TAHUN AKADEMIK 2018/2019

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
Warga Negara Indonesia (WNI)
1. Identitas Diri KTP / SIM / Passport yang masih berlaku. *jpg / *pdf
2. Foto Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB. *jpg / *pdf
3. Lulusan Program Studi S1 Akuntansi yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi).
  1. Ijazah asli S1.
  2. Transkrip asli S1
  3. Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya).
  4. Sertifikat akreditasi Institusi (BAN PT) (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya).
*jpg / *pdf
4. Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristek dikti RI. Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan luar negeri. *jpg / *pdf
5. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja. *jpg / *pdf
6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan). Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
No. Persyaratan Dokumen Pendaftaran (Berkas Online) Format & Contoh
Warga Negara Asing (WNA)
1. Identitas Diri Pasport *jpg / *pdf
2. Foto Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB. *jpg / *pdf
3. Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal. *jpg / *pdf
4. Lulusan S1 Akuntansi dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).   *jpg / *pdf
5. Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris) Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris) *jpg / *pdf

Sayarat Penerimaan
1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

MATERI UJIAN:

  • BIDANG ILMU
    • Auditing
    • Akuntansi Keuangan
    • Akuntansi Manajemen

  • TES POTENSI AKADEMIK :
    • Kemampuan Verbal
    • Kemampuan Numerik
    • Kemampuan Penalaran

  • BHS.INGGRIS

  • WAWANCARA

KELENGKAPAN UJIAN :

  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    • Pensil 2B
    • Karet penghapus
    • Bolpoin
    • Peraut pensil