Selayang Pandang
Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tanggal 24 September 1984, berdasarkan SK Dikti No 117/DIKTI/Kep/1984. Pada awalnya program studi ini bernaung di bawah Fakultas Non Gelar Kesehatan Universitas Airlangga. Adanya peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa suatu Fakultas tidak hanya mendidik diploma saja (S0), tetapi dapat mendidik mulai S0 sampai S3, maka prodi ini pada tahun 1993 dilimpahkan ke Fakultas Kedokteran UA dengan SK Rektor Nomor: 5319/PTO3.H/C/1993. Terhitung mulai tanggal 07 Januari 2011, Program Studi D-III Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga terakreditasi B sesuai dengan SK 028/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/I/2011 dan berlaku selama 5 tahun. Dan mulai tahun 2014 Program Studi D-III Fisioterapi secara transisi bernaung di bawah Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Program Studi D-III Fisioterapi merupakan salah satu dari beberapa program studi sejenis yang ada di Indonesia. Keberadaan program ini sangat dibutuhkan masyarakat, terbukti lulusan program studi ini waktu tunggu mendapatkan pekerjaan sangat singkat. Sumber daya manusia pada program studi ini sangat berkompeten oleh karena sumber daya tersebut mayoritas didukung oleh Fakultas Kedokteran Unair (FKUA), dan instrukturnya hampir semua dari Departemen Kesehatan yang kedudukannya sangat vital dalam mentransfer keterampilan pada saat mahasiswa praktek.

Sarana dan prasarana prodi ini sudah memadai karena didukung oleh Rumah Sakit tipe A yaitu RS Dr. Soetomo. Selain itu tempat praktik mahasiswa semester 5 dan 6 Program Studi D-III Fisioterapi antara lain: RSUD Dr. Soetomo, RSUA, Rumkital Dr. Ramelan, RS Orthopedi Surakarta, dan Celebrity Fitness. Program Studi D-III Fisioterapi juga mempunyai kerja sama dengan Avans Hogeschool Netherland dalam bentuk pertukaran staf dan mahasiswa.
Visi
Menjadi Program Studi yang mandiri, inovatif, unggul dalam bidang fisioterapi secara nasional dan melalui kerja sama internasional serta berdasarkan moral agama pada tahun 2025.
Misi
Misi Program Pendidikan D-III Pengobat Tradisional/BATTRA adalah:
  1. Menyelenggarakan pendidikan fisioterapi dengan peralatan modern yang mampu memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi lulusan yang kompeten dan bermoral.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan keahlian kefisioterapian kepada masyarakat.
  4. Mengadakan kerja sama dengan Program Studi Fisioterapi di luar negeri.
Tujuan
Tujuan Umum
  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu fisioterapi dan mampu bersaing di tingkat Nasional.
  2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu fisioterapi yang berskala nasional dan Internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah kefisioterapian secara mandiri dan berkelanjutan.
Tujuan Khusus
  1. Menghasilkan Ahli Madya (A.Md) Fisioterapi yang berkualitas dengan memiliki kemampuan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), dan komunikasi yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok.