Selayang Pandang
Program Studi D3 Analis Medis didirikan mengingat adanya kesenjangan yang sangat mencolok antara tenaga Vokasional dalam bidang laboratorium Klinik (analis laboratorium) dengan tenaga Profesional dalam bidang kedokteran klinik (dokter). Kesenjangan tersebut terjadi karena para analis laboratorium tidak dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang patofisiologi penyakit sehingga tidak dapat berkomunikasi dua arah dengan para dokter pengguna jasa laboratorium klinik.Kebijakan Program Studi Diploma 3 Analis Medis diarahkan pada peningkatan kualitas yang didasari oleh kebutuhan nasional dan regional, bahkan untuk menghadapi pasar global. Hal ini searah dengan visi dan misi Universitas Airlangga.
Visi
Menjadi program studi Analis Medis unggulan dan menjadi pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi laboratorium medis di Indonesia yang mampu menghasilkan Ahli Madya Laboratorium medis yang berkualitas prima, inovatif, mandiri, dan memiliki integritas, berdasarkan moral agama.
Misi
Misi Program Pendidikan D-III Pengobat Tradisional/BATTRA adalah:
  1. Menyelenggarakan pendidikan sesuai kurikulum berbasis kompetensi yang inovatif dan mandiri
  2. Menyelenggarakan perbaikan kurikulum secara berkesinambungan
  3. Meningkatkan mutu pembelajaran secara konsisten.
  4. Menjalin kerjasama dengan segenap stakeholders dalam berbagai kegiatan
Tujuan
Menghasilkan Lulusan yang :
  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan serta kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang kesehatan
  3. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan serta ketrampilan teknologi yang dimiliki kedalam kegiatan pelayanan kepada masyarakat.
  4. Mempunyai kemampuan untuk mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.