Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan jalur pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dengan Surat Ijin No. 3568/D/T/2002, tertanggal 2 Desember 2002. Sedangkan ketentuan penyelenggaraan PPAk diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001, tanggal 21 Nopember 2001.
Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui Program PPAk Universitas Airlangga.

A. TUJUAN

Menghasilkan Akuntan yang memiliki :

  1. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional yang diperlukan oleh seorang akuntan.
  2. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional sehingga menjadi akuntan yang bersertifikat akuntan publik (BAP) melalui USAP
  3. Kemampuan berpraktik sebagai auditor

B.PROSPEK

Lulusan PPA adalah Akuntan yang berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Lulus USAP (Bersertifikat Akuntan Publik) merupakan syarat penting untuk mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik.

Disamping itu, tentu saja para akuntan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para sarjana akuntansi yang bukan akuntan. Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.


C. DAYA TAMPUNG

Daya tampung Program Profesi Akuntansi tahun akademilk 2017 :

  1. Ganjil: 50
  2. Genap : 50

WAKTU & LAMA PENDIDIKAN

Pelaksanaan kuliah dilakukan setiap hari Senin sampai Jum'at, pukul 18.00 s/d 20.30 WIB. Lama pendidikan adalah satu tahun (atau dua semester).

PERIODE PERKULIAHAN
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester melalui suatu sistem seleksi. Perkuliahan diadakan 2 (dua) kali dalam setahun.

DESAIN KURIKULUM
Kurikulum terdiri dari 9 mata kuliah atau ekuivalen dengan 26 sks, dengan sebaran sebagai berikut:

SEMESTER No. MATAKULIAH Bobot SKS
Kuliah Praktikum Jumlah
I 1 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial 3 3
2 Pelaporan Akuntansi Keuangan 3   3
3 Pasar Modal dan Manajemen Keuangan 3 3
4 Etika Bisnis dan profesi 3   3
5 Manajemen Teknologi Informasi 3   3
TOTAL 15
II 1 Praktik Audit   3 3
2 Seminar Teori Akuntansi 3   3
3 Perpajakan 3   3
4 Akuntansi Manajemen dan Biaya 3   3
TOTAL 12

SATUAN BIAYA PENDIDIKAN PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI
TAHUN AKADEMIK 2017/2018


No KETERANGAN SOP (Rp) SP3 (Rp) Matrikulasi (Rp)
1 Alumni 3.250.000 1.000.000 300.000/mata ajar
2 Non Alumni 3.250.000 4.000.000 300.000/mata ajar

PERHATIAN

Pengisian Form Pendaftaran Online harus dilakukan SESUAI JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN, pendaftaran online diluar waktu yang kami tentukan sepenuhnya tanggung jawab peserta.

SEMESTER GENAP GELOMBANG I TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 18 September – 4 Oktober 2017
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 25 September – 4 Oktober 2017
Pengumuman lolos verifikasi online 25 September – 4 Oktober 2017
Perbaikan bagi yang tidak lolos 25 September – 6 Oktober 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 25 September – 10 Oktober 2017
Ujian Tulis Bidang Ilmu 14 Oktober 2017
Ujian TPA & Bahasa Inggris 15 Oktober 2017  
Wawancara 15 Oktober 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 25 Oktober 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 1-3 Nopember 2017

SEMESTER GENAP GELOMBANG II TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 23 Oktober – 15 November 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 30 Oktober – 15 November 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 30 Oktober – 15 November 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 30 Oktober – 17 November 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 30 Oktober – 21 November 2017  
Ujian TPA & Bahasa Inggris (CBT) 27 November – 8 Desember 2017  
Ujian Bid. Ilmu
9 Desember 2017  
Wawancara 9 Desember 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi

19 Desember 2017

 
Registrasi Mahasiswa Baru 28 – 29 Desember 2017  

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,

Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Rp. 700.000,- Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

Pembayaran Bisa dilakukan melalui Teller maupun ATM Bank Mandiri,
Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pilih pembayaran atau pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => cek data di layar tekan 1 (IPA), 2 (IPS), 3 (IPC) muncul tampilan konfirmasi ok dst....

PERSYARATAN PPAK TAHUN AKADEMIK 2017/2018

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
Warga Negara Indonesia (WNI)
1. Identitas Diri KTP / SIM / Passport yang masih berlaku. *jpg / *pdf
2. Foto Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB. *jpg / *pdf
3. Lulusan Program Studi S1 Akuntansi yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi).
  1. Ijazah asli S1.
  2. Transkrip asli S1
  3. Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya).
  4. Sertifikat akreditasi Institusi (BAN PT) (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya).
*jpg / *pdf
4. Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristek dikti RI. Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan luar negeri. *jpg / *pdf
5. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja. *jpg / *pdf
6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan). Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
No. Persyaratan Dokumen Pendaftaran (Berkas Online) Format & Contoh
Warga Negara Asing (WNA)
1. Identitas Diri Pasport *jpg / *pdf
2. Foto Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB. *jpg / *pdf
3. Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal. *jpg / *pdf
4. Lulusan S1 Akuntansi dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).   *jpg / *pdf
5. Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris) Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris) *jpg / *pdf

Sayarat Penerimaan
1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

MATERI UJIAN:

  • BIDANG ILMU
    • Auditing
    • Akuntansi Keuangan
    • Akuntansi Manajemen

  • TES POTENSI AKADEMIK :
    • Kemampuan Verbal
    • Kemampuan Numerik
    • Kemampuan Penalaran

  • BHS.INGGRIS

  • WAWANCARA

KELENGKAPAN UJIAN :

  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    • Pensil 2B
    • Karet penghapus
    • Bolpoin
    • Peraut pensil