PROGRAM DOKTOR

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG PROGRAM DOKTOR TAHUN AJARAN 2014/2015

NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2014
GASAL GENAP
1 Ilmu Kedokteran
  – Kelas A (Reguler) 50 -
  – Kelas B (Sabtu - Minggu) 20 -
2 Ilmu Kesehatan 40 -
3 Ilmu Matematika & IPA 20 -
4 Ilmu Ekonomi 15 -
5 Ilmu Ekonomi Islam 15 -
6 Ilmu Akuntansi 15 -
7 Ilmu Manajemen 15 -
8 Ilmu Sosial 15 -
9 PSDM 15 15
10 Sains Veteriner 5 5
11 Ilmu Psikologi 20 -
12 Ilmu Farmasi 8 7
13 Ilmu Hukum 20 -
14 Double Degree in Management (DDIP) (Indonesia-France) 5 -

Lampiran Keputusan Rektor Universitas Airlangga
Nomor : 176/UN3/2014 Tanggal 16 Januari 2014
Tentang Daya Tampung Program Pendidikan Doktor (S3)
Universitas Airlangga Tahun Akademik 2014/2015

Sementara Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran BPPDN 2014, dapat diakses melalui website http://beasiswa.dikti.go.id/dn/

Untuk pendaftar BPPDN Tahun 2014 di Unair dapat dilaksanakan secara online di http://beasiswa.unair.ac.id

PROGRAM STUDI YANG MENAWARKAN BPPDN (Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam Negeri)2013
NO PROGRAM STUDI
1 Ilmu Kedokteran
2 Ilmu Kesehatan
3 Ilmu Matematika & IPA
4 Ilmu Ekonomi
5 Ilmu Ekonomi Islam
6 Ilmu Akuntansi
6 Ilmu Manajemen
7 Ilmu Sosial
8 Ilmu Hukum
9 PSDM
10 Ilmu Farmasi
11 Sains Veteriner
12 Ilmu Psikologi

Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran BPPDN, dapat diakses melalui website http://studi.dikti.go.id

Untuk pendaftar BPPDN Tahun 2013 di Unair dapat dilaksanakan secara online di http://beasiswa.unair.ac.id


SUMBANGAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (SOP) DAN
SUMBANGAN PEMBINAAN DAN PENINGKATAN PENDIDIKAN (SP3)
PROGRAM DOKTOR BAGI MAHASISWA INDONESIA TAHUN AJARAN 2014/2015

NO PROGRAM STUDI SOP (RP) SP3 (RP) Matrikulasi (RP)
1 Ilmu Kedokteran      
  – Kelas A (Reguler) 7.500.000 15.000.000 -
  – Kelas B (Paralel) 13.500.000 15.000.000 -
2 Ilmu Matematika & IPA 10.000.000 10.000.000 -
3 Ilmu Hukum 10.000.000 15.000.000 -
4 Ilmu Sosial 9.000.000 10.000.000 -
5 Ilmu Ekonomi 10.000.000 15.000.000 5.000.000
6 Ilmu Manajemen    
  - Alumni MM 11.000.000 10.000.000 2.000.000
  - Non Alumni MM 11.000.000 10.000.000 6.000.000
7 Ilmu Ekonomi Islam 10.000.000 10.000.000 10.000.000
8 Ilmu Kesehatan      
  – Kelas Reguler 9.000.000 10.000.000 2.500.000
  – Kelas Paralel 13.000.000 10.000.000 2.500.000
9 PSDM      
  – Kelas Reguler 10.000.000 10.000.000 -
  – Kelas Kerjasama(UNLAM) 12.500.000 12.500.000 -
10 Ilmu Akuntansi 11.000.000 10.000.000 5.000.000
11 Sains Veteriner 7.500.000 10.000.000 -
12 Psikologi 12.500.000 10.000.000 5.000.000
Psikologi (Kelas Kerjasama) - - -
13 Ilmu Farmasi 7.500.000 12.500.000 2.500.000
 

SUMBANGAN OPERASIONAL PENDIDIKAN (SOP) DAN
SUMBANGAN PEMBINAAN DAN PENINGKATAN PENDIDIKAN (SP3)
PROGRAM DOKTOR BAGI MAHASISWA ASING 2014/2015
NO PROGRAM STUDI SOP (RP) SP3 (RP) Matrikulasi (RP)
1 Ilmu Hukum 18.500.000 37.500.000 -
2 Ilmu Sosial 10.000.000 15.000.000 -
3 Ilmu Ekonomi 25.000.000 35.000.000 12.500.000
4 Ilmu Manajemen
  – Mag.Manajemen 27.500.000 25.000.000 5.000.000
  – NON Mag.Manajemen 27.500.000 25.000.000 15.000.000
5 Ilmu Kesehatan 24.000.000 25.000.000 6.500.000
6 Ilmu Akuntansi 27.500.000 25.000.000 12.500.000
7 Psikologi 25.000.000 40.000.000 10.000.000
8 Ilmu Farmasi 19.000.000 20.000.000 -
JADWAL KEGIATAN PROGRAM DOKTOR TAHUN AJARAN 2013 / 2014
SEMESTER GASAL GELOMBANG I TAHUN 2013/2014
PROGRAM DOKTOR
(BPPDN & Non BPPDN)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pembayaran Biaya Ujian 3 Maret - 2 April 2014
Pengisian Form Pendaftaran Online 3 Maret - 4 April 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran
1 - 4 April 2014 Verifikasi berlangsung dari jam 08.00 - 18.00 WIB
Bertempat di Airlangga Convention Center (ACC) Unair Kampus C Mulyorejo Surabaya
PESERTA DIWAJIBKAN DATANG KETIKA VERIFIKASI
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 6 April 2014
Wawancara 6 April 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 15 April 2014  
Registrasi Mahasiswa Baru 22 - 23 April 2014

SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN 2013/2014
PROGRAM DOKTOR Non BPPDN
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 1 - 15 Agustus 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 2 - 16 Agustus 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
2 - 16 Agustus 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 2 - 18 Agustus 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 7 - 20 Agustus 2 014
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 24 Agustus 2014
Wawancara 24 Agustus 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Agustus 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 28 - 29 Agustus 2014



SEMESTER GENAP GELOMBANG I TAHUN 2013/2014
PROGRAM DOKTOR Non BPPDN
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 22 September - 21 Oktober 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 6 - 22 Oktober 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
6 - 22 Oktober 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 6 - 27 Oktober 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 20 - 29 Oktober 2014
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 2 November 2014
Wawancara 2 November 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 12 November 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 19 - 20 November 2014

SEMESTER GENAP GELOMBANG II TAHUN 2012/2013
PROGRAM DOKTOR Non BPPDN
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online 17 November - 5 Desember 2014
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 24 November - 6 Desember 2014
Pengumuman lolos verifikasi online
24 November - 6 Desember 2014
Perbaikan bagi yang tidak lolos 24 November - 8 Desember 2014  
Pembayaran Biaya Ujian 1 - 10 Desember 2014
Ujian TPA dan Bhs. Inggris 14 Desember 2014
Wawancara 14 Desember 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 23 Desember 2014
Registrasi Mahasiswa Baru 30 - 31 Desember 2014
PERSYARATAN PENDIDIKAN PROGRAM DOKTOR (S3)
PERSYARATAN UMUM UNTUK SEMUA PRODI DOKTOR:
  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah mendapatkan ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Lulusan Program Studi S-1/D-4 dan Prodi S-2/MST/Spesialis dari PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN-PT atau PT Luar Negeri yang diakui oleh dirjen Dikti Kemendikbud, dengan bidang keilmuan yang linier dengan bidang keilmuan Program Studi Doktor yang diminati, dengan menunjukkan bukti berupa Ijazah Asli dan Transkripsi Akademik Asli yang diterbitkan oleh Program Studi S-1/D4 dan S-2/MST dari PTN/PTS atau PT LN, atas nama yang bersangkutan serta fotokopi Sertifikat Akreditasi Program Studi dari BAN-PT atau fotokopi surat dari pengakuan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Bagi calon yang berstatus PNS atau masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung.
  4. Memiliki kesehatan fisik dan jiwa yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

PERSYARATAN KHUSUS UNTUK PRODI BERIKUT:
No. Program Studi Persyaratan Khusus
1. Ilmu Kedokteran
  • Lulusan Prodi Sarjana Pendidikan Dokter / Ilmu Kesehatan dan Prodi Magister Ilmu Kedokteran / Ilmu Kesehatan atau Prodi Spesialis dari PTN/PTS.
  • Tidak buta warna total/parsial.
2. Ilmu Kesehatan
  • Bagi yang tidak linier wajib mengikuti Program Matrikulasi dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  • Rekomendasi dari atasan atau pakar dibidang keilmuan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan mempunyai kemampuan dan/atau integritas keilmuan serta mampu mengikuti Pendidikan Program Doktor.
3. Ilmu Matematika dan IPA
  • Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor.
4. Ilmu Psikologi
  • Lulusan Prodi S-1 dan S-2, semua program studi, asalkan salah satu (S-1 atau S-2) harus berlatar belakang Psikologi.
5. Ilmu Farmasi
  • IPK S2 > 3
  • Calon Peserta Program berpendidikan magister (S-2) Ilmu Farmasi atau lulusan S-2 Kimia, Biologi, dan Biomedik, atau pendidikan Spesialis Farmasi Klinis / Ilmu Kesehatan lain yang dalam kurikulumnya ada pembuatan tesis.
  • Tidak buta warna total/parsial.
  • Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima, lulusan dari selain magister Ilmu Farmasi/ Spesialis Farmasi Klinis wajib mengikuti matrikulasi.
6. Sains Veteriner Lulusan S1 dari :
  • Kedokteran Hewan
  • Peternakan
  • Perikanan
  • Pertanian
  • Kimia
  • Biologi
  • Ekonomi
  • Sosial Ekonomi
7. Ilmu Hukum
  • Bagi calon/ pendaftar yang berstatus dosen wajib menyertakan publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah.
  • Bagi calon/ pendaftar yang tidak berstatus dosen wajib menyertakan proposal rencana penelitian disertasinya yang memuat latar belakang permasalahan, kebaruan, tujuan, dan manfaat penelitian.


TATA CARA PENDAFTARAN PROGRAM DOKTOR

Alur Pembayaran dan Pendaftaran
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana (Online)


Prosedur Pendaftaran :
Tata Cara Pendaftaran online 

  1. Calon peserta mengambil dan mencatat nomor voucher (Pengambilan Voucher Program Doktor) di alamat website http://pendaftaran.unair.ac.id/pengambilan_voucher.php
     
  2. Lakukan transaksi pembayaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana melalui Bank Mandiri (ATM, Teller, E-Banking) dengan membawa nomor voucher yang telah diperoleh, sesuai jadwal yang ditentukan.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp.850.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.1.750.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  5. Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Doktor(Rp.850.000,- DN / Rp.1.750.000,- LN) tekan ok dst....
  6. Prosedur Pembayaran Melalui E-Banking : Masuk menu Pembayaran => Pendidikan => Pilihan Universitas ( Kode Unair = 10008 ) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Doktor(Rp.850.000,- DN / Rp.1.750.000,- LN) tekan ok dst....
  7. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, calon peserta akan memperoleh resi pembayaran yang berisi :
    • No Voucher.
    • No PIN PPMB.
    • Waktu Transaksi.
  8. Buka formulir pendaftaran ONLINE Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana di http://pendaftaran.unair.ac.id
  9. Isi formulir pendaftaran ONLINE sesuai dengan petunjuk yang ada.
    (Tata cara pengisian formulir pendaftaran Online)
  10. Tekan Tombol Kirim / Submit.

Konfirmasi ulang dan pencetakan isian formulir pendaftaran online :

  1. Setelah pengisian formulir pendaftaran online terpenuhi, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
  2. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
  3. Jika isian sudah benar semua dan sudah tercetak, tekan tombol logout.
  4. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.
  5. Seluruh Data yang telah Diisikan pada Form Pendaftaran Online sepenuhnya menjadi TANGGUNG JAWAB PESERTA


Tata cara pengisian formulir pendaftaran Online :
  1. Identitas diri :
    1. Isikan nama lengkap anda pada kolom yang tersedia (tanpa gelar).
    2. Isikan gelar anda pada kolom yang tersedia (penulisan gelar disingkat).
    3. Isikan tempat dan tanggal lahir anda pada menu pilhan tempat dan tanggal lahir.
    4. Isikan alamat korespondensi / alamat KTP Anda yang masih berlaku pada kolom alamat (wajib diisi).
    5. Isikan kota tempat anda tinggal pada kolom kota (wajib diisi).
    6. Isikan nomor telepon / hp Anda yang dapat dihubungi pada kolom telepon. (wajib diisi)
    7. Isikan jenis kelamin Anda pada menu pilihan jenis kelamin (laki-laki atau perempuan)
    8. Isikan jenis kewarganegaraan Anda pada menu pilihan kewarganegaraan.
    9. Isikan agama Anda pada menu pilihan agama.
    10. Isikan sumber pembiayaan studi pada pada menu pilihan sumber biaya.
    11. Isikan alamat email Anda pada kolom email. Kolom email wajib diisi (untuk keperluan pemberitahuan dikemudian hari).
  2. Data Pekerjaan :
    1. Isikan pekerjaan Anda sekarang pada kolom pekerjaan.
    2. Isikan instansi tempat Anda bekerja pada kolom Instansi asal.
    3. Isikan alamat instansi tempat Anda bekerja pada kolom alamat instansi.
    4. Isikan telepon/ faksimile alamat instansi tempat Anda bekerja pada kolom telepon.
    5. Isikan NIP/NRP/NIS Anda pada kolom NIP/NRP/NIS.
    6. Isikan Nomor Karpeg Anda pada kolom karpeg.
    7. Isikan pangkat dan golongan Anda pada kolom pangkat dan golongan.
  3. Data Pendidikan (lulus Sarjana / S1):
    1. Isikan nama perguruan tinggi Anda pada waktu menempuh program sarjana pada kolom pilihan perguruan tinggi.
    2. Pilih status perguruan tinggi Anda,  pada kolom menu pilhan status perguruan tinggi.
    3. Isikan program studi yang Anda tempuh pada waktu mengikuti pendidikan program sarjana pada kolom pilihan program studi
    4. Isikan tanggal masuk dan lulus ketika Anda menempuh pendidikan S1 pada kolom tanggal masuk dan tanggal lulus.
    5. Isikan lama studi S1 Anda pada kolom lama studi.
    6. Masukkan nilai Indeks Prestasi S1 Anda pada kolom Indeks prestasi.
    7. Isikan jumlah karya ilmiah yang Anda miliki (5 tahun terakhir) pada kolom Jumlah Karya ilmiah.
  4. Data Pendidikan (lulus Magister / S2):
    1. Isikan nama perguruan tinggi Anda pada waktu menempuh program magister pada kolom pilihan perguruan tinggi.
    2. Pilih status perguruan tinggi Anda,  pada kolom menu pilhan status perguruan tinggi.
    3. Isikan program studi yang Anda tempuh pada waktu mengikuti pendidikan program magister pada kolom pilihan program studi
    4. Isikan tanggal masuk dan lulus ketika Anda menempuh pendidikan magister pada kolom tanggal masuk dan tanggal lulus.
    5. Isikan lama studi magister Anda pada kolom lama studi.
    6. Masukkan nilai Indeks Prestasi magister Anda pada kolom Indeks prestasi.
    7. Isikan jumlah karya ilmiah yang Anda miliki (5 tahun terakhir) pada kolom Jumlah Karya ilmiah.
  5. Program Studi Pilihan :
    1. Pilih program studi yang akan Anda tempuh pada waktu mengikuti program doktor pada kolom pilihan program studi pilihan.
    2. Pilih minat studi / konsentrasi yang Anda minati dalam menu pilihan pendidikan program doktor pada kolom minat studi / konsentrasi.

Contoh tampilan formulir pendaftaran elektronik



Kelengkapan Berkas yang harus dibawa pada waktu Verifikasi Dokumen Pendaftaran
  1. 1(satu) Fotocopy Identitas Diri (KTP / SIM atau Passport);
  2. Surat ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi Warga Negara Asing ;
  3. Fotocopy Sertifikat Akreditasi dari BAN PT yang masih berlaku untuk program studi asal (S1 dan S2) ;
  4. Bukti Penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri ;
  5. Sertakan 2 (dua) lembar salinan/fotokopi ijazah pendidikan magister (S2), yang telah disahkan oleh pihak berwenang (Jika Belum Dilegalisir, Ijazah S2 Asli & Fotocopy Ijazah S2 Asli diperlihatkan saat verifikasi)(Linieritas sesuai dengan ketentuan yang berlaku):
  6. Sertakan 2 (dua) lembar salinan/fotokopi transkrip akademik pendidikan magister (S2) yang telah disahkan oleh pihak berwenang (Jika Belum Dilegalisir, Transkip S2 Asli & Fotocopy Transkip S2 Asli diperlihatkan saat verifikasi);
  7. Sertakan 2 (dua) lembar salinan/fotokopi ijazah pendidikan sarjana (S1), yang telah disahkan oleh pihak berwenang (Jika Belum Dilegalisir, Ijazah S1 Asli & Fotocopy Ijazah S1 Asli diperlihatkan saat verifikasi)(Linieritas sesuai dengan ketentuan yang berlaku):
  8. Sertakan 2 (dua) lembar salinan/fotokopi transkrip akademik pendidikan sarjana (S1) yang telah disahkan oleh pihak berwenang (Jika Belum Dilegalisir, Transkip S1 Asli & Fotocopy Transkip S1 Asli diperlihatkan saat verifikasi);
  9. Fotokopi karya ilmiah yang dihasilkan selama 5 tahun terakhir (apabila ada), terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang/akan dikembangkan;
  10. Menyertakan Form SP3 yang telah Diisi dan Bermaterai (Semua Program Studi S3) dan Rekomendasi dari dua orang yang pernah membimbing dalam studi dan atau atasan yang bersifat rahasia, dibawa calon mahasiswa pada sampul tertutup pada saat verifikasi.
       
  11. Melampirkan 1 lembar salinan tanda bukti pembayaran biaya pendaftaran (Slip Setoran Bank Mandiri Atau Slip Transfer ATM);
  12. Satu lembar pasfoto 4 x 6 Berwarna;
  13. Kerangka usulan penelitian ditulis secara singkat dan jelas dengan bobot setara untuk program pendidikan doktor. Maksimal terdiri dari 10 halaman, meliputi:
    1. Judul
    2. Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian)
    3. Tinjauan kepustakaan
    4. Hipotesis (bila ada)
    5. Materi dan metode penelitian
    6. Daftar pustaka
    7. Rencana sumber biaya
    8. Calon penasehat akademik (bila ada)
  14. Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung bagi calon yang berstatus PNS atau masih aktif bekerja, atau dari Rektor bila calon berasal dari Perguruan Tinggi.
  15. Berkas Syarat khusus untuk prodi tertentu :
    No. Program Studi Berkas syarat khusus yang harus dibawa saat verifikasi
    1. Ilmu Kedokteran
    • Surat keterangan dokter yang menyatakan tidak buta warna total/parsial.
    2. Ilmu Kesehatan
    • Rekomendasi dari atasan atau pakar dibidang keilmuan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan mempunyai kemampuan dan/atau integritas keilmuan serta mampu mengikuti Pendidikan Program Doktor.
    3. Ilmu Matematika dan IPA
    • Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor
    4. Ilmu Farmasi
    • Surat keterangan dokter yang menyatakan tidak buta warna total/parsial.

  • Berkas yang tidak lengkap tidak diproses. Tidak dilakukan surat menyurat
  • Berkas yang sudah diserahkan tidak dapat ditarik kembali

  • Bagi yang mengajukan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPDN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi:
    1. Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran BPPDN, dapat diakses melalui website http://beasiswa.dikti.go.id/dn/
    2. Untuk pendaftar BPPDN Tahun 2013 di Unair dapat dilaksanakan secara online di http://beasiswa.unair.ac.id


    Materi Ujian untuk Program DOKTOR terdiri dari :
    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran

    • BHS.INGGRIS

    • WAWANCARA

    KELENGKAPAN UJIAN
    • Kartu Tanda Peserta
    • Peralatan tulis
      • Pensil 2B
      • Karet penghapus
      • Bolpoin
      • Peraut pensil
    Regristrasi
    • Bagi para peserta dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
    • Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
    • Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online, Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
    • Bagi Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
    • Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
    • Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.