Doktor (S3)

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG PROGRAM DOKTOR
TAHUN AJARAN 2017/2018


NO FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2017
GASAL GENAP
1 Kedokteran Ilmu Kedokteran
  – Kelas A (Reguler) 50 -
  – Kelas B (Pararel) 20 -
2 Kesehatan Masyarakat Ilmu Kesehatan 30 -
3 Hukum Ilmu Hukum 20 -
4 Sains Dan Teknologi Ilmu Matematika & IPA 20 -
5 Farmasi Ilmu Farmasi 8 7
6 Ekonomi Dan Bisnis Ilmu Akuntansi 10 -
7   Ilmu Ekonomi 8 8
8   Ilmu Manajemen 20 -
9 Kedokteran Hewan Sains Veteriner 5 3
10 Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Ilmu Sosial 20 20
11 Psikologi Ilmu Psikologi 20 -
12 Sekolah Pascasarjana Pengembangan Sumber Daya Manusia 10 10
13   Ilmu Ekonomi Islam 15 15

SATUAN BIAYA PROGRAM DOKTOR
TAHUN AKADEMIK 2017/2018


NO PROGRAM STUDI WNI WNA
SOP SP3 MATRIKULASI SOP SP3 MATRIKULASI
1 Ilmu Kedokteran            
  – Kelas A (Reguler) 10.000.000 15.000.000 - - - -
  – Kelas B (Paralel) 15.000.000 17.500.000 - - - -
2 Ilmu Kesehatan      
  – Kelas A (Reguler) 10.000.000 12.500.000 5.000.000 25.000.000 30.000.000 10.000.000
  – Kelas B (Paralel) 15.000.000 15.000.000 5.000.000 - - -
3 Ilmu Matematika & IPA 11.000.000 10.000.000 5.000.000 20.000.000 25.000.000 10.000.000
4 Ilmu Ekonomi 10.000.000 15.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 12.500.000
5 Ilmu Ekonomi Islam 11.000.000 12.000.000 10.000.000 25.000.000 35.000.000 20.000.000
6 Ilmu Akuntansi 11.000.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 12.500..000
7 Ilmu Manajemen
  - Alumni S2 MM / IM 11.000.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 15.000.000
  - Non Alumni MM 11.000.000 10.000.000 8.000.000 25.000.000 35.000.000 15.000.000
8 Ilmu Sosial 9.000.000 10.000.000 - 25.000.000 35.000.000 -
9 PSDM
  - Kelas Reguler 10.000.000 15.000.000 - - - -
  - Kelas Kerjasama (UNLAM) 12.500.000 15.000.000 - - - -
10 Sains Veteriner 9.000.000 10.000.000 - - - -
11 Ilmu Psikologi 12.500.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 40.000.000 10.000.000
12 Ilmu Farmasi 10.000.000 12.500.000 - 20.000.000 25.000.000 -
13 Ilmu Hukum 12.500.000 15.000.000 - 25.000.000 40.000.000 -

JADWAL KEGIATAN PROGRAM DOKTOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMESTER GENAP GELOMBANG I

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 18 September – 4 Oktober 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 25 September – 4 Oktober 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 25 September – 4 Oktober 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 25 September – 6 Oktober 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 25 September – 10 Oktober 2017  
Ujian TPA & Bahasa Inggris 15 Oktober 2017  
Wawancara 15 Oktober 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi 25 Oktober 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 1-3 Nopember 2017  


SEMESTER GENAP GELOMBANG II

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 23 Oktober – 15 November 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 30 Oktober – 15 November 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 30 Oktober – 15 November 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 30 Oktober – 17 November 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 30 Oktober – 21 November 2017  
Ujian TPA & Bahasa Inggris (CBT)

27 November – 8 Desember 2017

27 November - 5 Desember 2017 :
Ujian diperuntukan Peserta yang berdomisili / berasal dari Jawa Timur
6 - 8 Desember 2017 :
Ujian diperuntukan Peserta yang berdomisili / berasal dari Luar Jawa Timur
Pengumuman Hasil Seleksi

19 Desember 2017

 
Registrasi Mahasiswa Baru 28 – 29 Desember 2017  

PERHATIAN :
Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM DOKTOR
TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Persyaratan Umum

Warga Negara Indonesia (WNI)

No.
Persyaratan Pendaftaran Umum
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Identitas Diri
Identitas diri ( KTP / SIM / Passport ) yang masih berlaku.
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas foto (ukuran file yang diupload maksimal 6MB).
*jpg / *pdf
3.
Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi) kecuali untuk lulusan sebelum tahun 2004.
  1. Ijazah S1/D4 ; S2/MST/SP.
  2. Transkrip S1/D4 ; S2/MST/SP.
*jpg / *pdf
4.
Lulusan dari program studi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya) dengan menyertakan copy sertifikat akreditasi.
Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 dan S2 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya kecuali 2004 kebawah )
*jpg / *pdf
5.
Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana dan atau jenjang Magister yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI di direktorat pembelajaran.
Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan Negeri.
*jpg / *pdf
6. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja *jpg / *pdf
7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan). Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
8. Memiliki rekomendasi dari atasan/pakar dibidang keilmuannya (optional). Surat Rekomendasi. *jpg / *pdf
9.
Memiliki karya ilmiah pada saat pendaftaran
Karya Ilmiah 5 Th Terakhir (Cover, Daftar Isi, Pedahuluan). *pdf
10.
Memiliki rencana proposal penelitian (pra proposal) pada saat pendaftaran.
Rencana Proposal Penelitian (pra proposal) Meliputi : Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya. *pdf
11.
Memiliki bukti lulus TPA (Otto-Bappenas). *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Sertifikat TPA (Otto-Bappenas) yang masih berlaku, yakni maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
*pdf
12.
Memiliki bukti lulus TOEFL dengan skor ≥ 500. *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah :
  1. English Language Proficiency Test (ELPT) dari Pusat Bahasa UNAIR dan/ atau Pusat Bahasa yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Negeri;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku,  yakni maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
*jpg / *pdf
13.
Bagi peserta yang tidak memiliki bukti lulus TPA (seperti pada butir no.11) dan bukti lulus TOEFL (seperti pada butir no.12), dapat mengikuti tes TPA dan Bahasa Inggris sesuai jadwal seleksi.
-
-

Warga Negara Asing (WNA)

No. Persyaratan Dokumen Pendaftaran (Berkas Online) Format & Contoh
1.
Identitas Diri
Pasport
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB.
*jpg / *pdf
3.
Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board)
Ijazah dan Transkip Akademik Sarjana dan Master (dalam bahasa inggris).
 
3.
Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa
Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris)
Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris)
*jpg / *pdf
5.
Memiliki sertifikat TOEFL bagi calon peserta yang berasal dari negara non berbahasa Inggris.
Sertifikat TOEFL.
*jpg / *pdf

PERSYARATAN KHUSUS

Fakultas Kedokteran

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
IPK S2 atau spesialis > 3,00 atau yang setara
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan S1 dan S2 (salah satunya adalah dibidang Kedokteran), atau Lulusan Program Spesialis 1
Ijazah Asli S1 & S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Tidak buta warna total maupun parsial
Surat Keterangan Tidak Buta Warna total dan parsial dari Dokter sp Mata
*jpg / *pdf

Fakultas Hukum

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
Lulusan Program studi S1 Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum yang terakreditasi B
Akreditasi BAN PT Prodi S1 ilmu Hukum minimal B
*jpg / *pdf
2.
Lulusan Program studi S2 yang linier adalah :
Magister Hukum, Magister Kenotariatan
Ijazah Asli S2 Mag.Hukum / Kenotariatan (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
-
3.
Bagi calon/ pendaftar yang berstatus dosen wajib memiliki publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah.
Bagi calon/ pendaftar yang berstatus dosen wajib menyertakan publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah.
*jpg / *pdf
4
Bagi calon/ pendaftar yang tidak berstatus dosen wajib memiliki proposal rencana penelitian disertasinya yang memuat latar belakang permasalahan, kebaruan, tujuan, dan manfaat penelitian.
Rencana Pra Proposal Disertasi Meliputi:Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian)
*jpg / *pdf

Fakultas Sains dan Teknologi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1. IPK S2 > 2,80
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor
Surat Rekomendasi dari Promotor / kopromotor
*jpg / *pdf
3.
Tesis S2 linier dengan bidang minat S3
Tesis S2 linier dengan bidang minat S3
*pdf

Fakultas Farmasi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Calon peserta program berpendidikan magister (S-2) Ilmu Farmasi atau lulusan S-2 Kimia, Biologi, dan Biomedik, atau pendidikan Spesialis Farmasi Klinis/Ilmu Kesehatan lain yang dalam kurikulumnya ada pembuatan tesis
-
-
3.
Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima, selain lulusan magister Ilmu Farmasi/Spesialis Farmasi Klinis wajib mengikuti matrikulasi.
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
0000000000000000000000000000

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu akuntansi harus mengikuti matrikulasi
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu ekonomi harus mengikuti matrikulasi
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Menerima S2 non ilmu ekonomi (sains dan teknologi)
-
-
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu manajemen harus mengikuti matrikulasi.
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf

Fakultas Kedokteran Hewan

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1. Lulusan S1dan S2 dari :
  1. Kedokteran Hewan
  2. Peternakan
  3. Perikanan
  4. Pertanian
  5. Kimia
  6. Biologi
Ijazah Asli S1& S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL) *jpg / *pdf
2.
Bagi lulusan non linier wajib mengikuti matrikulasi
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf

Fakultas Kesehatan Masyarakat

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1. IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Bagi yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Kesehatan Masyarakat, maka yang bersangkutan setelah diterima wajib melaksanakan matrikulasi.
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3. Memiliki pra proposal disertasi
Rencana Pra Proposal disertasi Meliputi:Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya
*jpg / *pdf
4.
Bagi WNA :
  1.  Lulusan S2 di bidang kesehatan dengan latar belakang pendidikan S1/ Diploma 4 bidang kesehatan
  2. Lulusan S2 non kesehatan dengan latar belakang pendidikan S1/Diploma 4 bidang kesehatan
  3.  Lulusan pendidikan dokter spesialis
-
-

Fakultas Psikologi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Ijazah Asli S1 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan Prodi S1 Psikologi dan S2 semua program studi
Ijazah Asli S1 Psikologi dan Ijazah S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Mengikuti pengayaan/Matrikulasi
   

Sekolah Pascasarjana

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Bagi calon peserta dari akademisi (dosen atau sejenis) harus memiliki publikasi ilmiah terakhir (jurnal ilmiah)
Menyertakan publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah bagi akademisi.
*pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
Program studi S2 yang linier yaitu: Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi atau yang sejenis
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan selain Ekonomi Islam wajib mengikuti matrikulasi
   

Persyaratan Penerimaan

Sayarat Penerimaan
1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,

Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.850.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.2.000.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
Prosedur Pembayaran Melalui ATM :
Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan StrataStrata Doktor (Rp.850.000,- DN / Rp. 2.000.000,- LN) tekan ok dst....
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

Materi Ujian untuk Program DOKTOR terdiri dari :
  • TES POTENSI AKADEMIK :
    1. Kemampuan Verbal
    2. Kemampuan Numerik
    3. Kemampuan Penalaran
  • BHS.INGGRIS
  • WAWANCARA
KELENGKAPAN UJIAN
  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    1. Pensil 2B
    2. Karet penghapus
    3. Bolpoin
    4. Peraut pensil